Bus Rombongan Mahasiswa Masuk Jurang, 6 Terluka

Budi Warsito    •    Sabtu, 03 Sep 2016 17:54 WIB
kecelakaan bus
Bus Rombongan Mahasiswa Masuk Jurang, 6 Terluka
Bagian depan bus terlihat dari atas sesaat sebelum dievakuasi. Foto: Polres Tanah Karo

Metrotvnews.com, Medan: Bus pariwisata yang membawa rombongan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) ke lokasi wisaya Taman Iman, mengalami kecelakaan tunggal di Desa Pangambatan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sabtu, 3 September 2016 sekitar pukul 02.00 WIB. 

Bus itu masuk ke jurang sedalam 20 meter. Informasi yang diperoleh dari Polda Sumatera Utara, 15 orang luka ringan dan 1 orang luka berat.

"Enam orang dirawat di RSU Efarina, 9 orang dirawat di Rumah Sakit Sidikalang. Satu orang yang mengalami luka berat dirujuk ke rumah sakit di Medan," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, Sabtu (3/9/2016). 

‎Rina menjelaskan kecelakaan bermula saat mobil pariwisata yang membawa rombongan mahasiswa dari arah Medan menuju Sidakalang itu berpapasan dengan mobil lainnya dari arah berlawanan. 

Karena kaget, sopir bus membanting setir terlalu ke kiri dan mengakibatkan kendaraannya terperosok masuk ke jurang dengan bagian kepala bus mengarah ke atas.

"Pengendara mobil Toyota Innova BK 70 HT hitam dari arah Sidikalang berupaya menolong korban di dalam bus. Namun, saat tengah menolong, mobilnya berjalan sendiri dan ikut terperosok ke dalam jurang sekitar 50 meter dari jatuhnya bus," kata Rina.

‎Mendapatkan informasi peristiwa itu, tim yang dipimpin Kasat Lantas Polres Tanah Karo, AKP Toni, langsung datang ke lokasi dan mengevakuasi.

"Mobil Innova sudah dievakuasi, ‎sedangkan bus masih dalam proses pengangkatan. Bus yang dikemudikan Saragih ringsek. Sedangkan Innova yang dikemudikan Hasanudin Saragih mengalami pecah kaca depan," tutur Rina.

Diduga, kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk dan tidak menguasai kondisi jalan. Polisi, kata Rina, saat ini tengah menyelidiki penyebab kecelakaan itu.


(UWA)