Iduladha, Kapal Nelayan di Aceh Disulap Jadi Kapal Penyeberangan

Nurul Fajri    •    Minggu, 11 Sep 2016 22:34 WIB
mudik 2016
Iduladha, Kapal Nelayan di Aceh Disulap Jadi Kapal Penyeberangan
Sejumlah penumpang berdesakan di kapal penyeberangan menuju Pulau Aceh (Foto: MTVN/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Sebanyak dua kapal motor menyeberangkan penumpang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, menuju Pulau Aceh, Aceh Besar, Minggu 11 September. Mereka hendak merayakan Iduladha 1437 Hijriah di kampung halaman.

Pantauan Metrotvnews.com, kapal yang digunakan merupakan kapal nelayan yang dimodifikasi sebagai kapal penumpang. Para pemudik membawa barang bawaan di antaranya bahan pangan, hewan ternak, bahkan sepeda motor.

"Harus pulang hari ini karena besok sudah Iduladha," kata Abdul Manaf, 60, saat menunggu kapal penyeberangan.

Kapal nelayan itu menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan warga Pulau Aceh dan pulau lainnya. Dalam sehari, hanya dua kapal yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Pulau Aceh. Hal itu menyebabkan ramai penumpang berdesakan di pelabuhan.

Abdul mengatakan, meskipun terkendala angin kencang, dia dan pemudik lainnya bertekad menyeberang ke kampung halaman. Baginya, memasak daging dan menyantap bersama keluarga atau lebih dikenal dengan sebutan Meugang di Iduladha merupakan tradisi yang wajib diikuti.

Untuk itu, ia berharap pemerintah setempat menyediakan kapal penumpang yang layak untuk menyeberang. Sebab, kapal merupakan satu-satunya alat transportasi untuk warga setempat.

"Mudah-mudahan ada boat dengan ukuran lebih besar sehingga penumpang tidak khawatir jika angin kencang," harap dia.


(TTD)