Rutan Tanjung Gusta Kini Punya Warung Informasi

Budi Warsito    •    Senin, 18 Sep 2017 16:06 WIB
rutan
Rutan Tanjung Gusta Kini Punya Warung Informasi
Warung informasi di Rutan Klas IA Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara -- MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Tanjung Gusta di Medan, Sumatera Utara beriovasi dengan membuat warung informasi di areal rutan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan menambah wawasan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Warung informasi ini digunakan untuk memberikan pelayanan hak-hak warga binaan. Selain bisa mendapatkan informasi, warga binaan juga bisa menambah wawasan dengan membaca berbagai buku," kata Kepala Pengamanan Rutan Klas IA Tanjung Gusta Nimrot Sihotang, Senin 18 September 2017.

Nimrot menjelaskan, warung informasi ini baru berjalan sejak beberapa hari. Saat ini, pihaknya masih kekurangan buku-buku bacaan untuk mengisi rak-rak buku. Ia berharap, ada pihak yang bersedia menyumbangkan buku.

"Setidaknya, buku-buku yang tak terpakai karena sudah dibaca bisa disumbangkan ke sini. Kami juga berharap para penyumbang buku mau datang ke rutan," harap Nimrot.

Selain itu, warga binaan juga bisa bermain musik di warung informasi. Sejumlah alat band disediakan di sana.

"Dengan adanya alat-alat musik ini, warga binaan diharapkan bisa berkegiatan lebih positif. Dengan melakukan kegiatan positif, tentu mereka tidak akan berpikir yang bukan-bukan," tandasnya.

Warung informasi yang berada di Rutan Klas IA Tanjung Gusta ini memanfaatkan bangunan gereja yang ada di blok hunian. Bangunan itu dialihfungsikan menjadi warung informasi.


(NIN)