25 Narapidana Lapas Riau Dipindah ke Tanjung Gusta

Farida Noris    •    Rabu, 12 Jul 2017 14:30 WIB
narapidana
25 Narapidana Lapas Riau Dipindah ke Tanjung Gusta
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Sebanyak 25 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Provinsi Riau dipindahkan ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Napi yang dipindahkan itu sudah divonis hukuman mati dan seumur hidup.

Kepala Pengamanan Lapas Tanjung Gusta Medan Muda Husni mengatakan, 25 narapidana itu antara lain 18 orang dijatuhi hukuman seumur hidup dan 7 orang hukuman mati. "Pemindahan 25 orang narapidana yang memiliki hukuman tinggi ke Lapas Tanjung Gusta. Kasusnya mayoritas narkoba," kata Muda Husni, Rabu, 12 Juli 2017.

Muda Husni menjelaskan ke 25 narapidana itu dipindahkan dari Lapas Provinsi Riau karena alasan keamanan. Sebab di Provinsi Riau belum ada Lapas Klas I seperti di Medan.

"Di Lapas Tanjung Gusta, mereka tidak langsung digabungkan dengam napi lainnya. Tapi akan ditempatkan di Blok Mapeling. Karena mereka masih wargabinaan baru," urainya.

Pemindahan itu, kata Husni, tidak bisa mereka tolak meski Lapas Tanjung Gusta Medan sudah penuh. Namun pemindahan bisa saja jika pertimbangan keamanan, Lapas Tanjung Gusta Medan juga nantinya akan mengirim narapidana yang hukumannya tinggi ke Lapas Nusakambangan.

"Memang semua Lapas dan Rutan overload. Kita berharap agar aman-aman saja. Gak bisa kita tolak itu. Di Lapas Tanjung Gusta juga masih banyak terpidana mati. Bisa saja nanti kita pindah ke Nusakambangan," bebernya.



(ALB)