Mudik Lewat Tol Palindra Gratis

Alwi Alim    •    Selasa, 18 Apr 2017 16:20 WIB
mudik lebaran 2017
Mudik Lewat Tol Palindra Gratis
Tol Palindra. (Metrotvnews.com/Alwi Alim)

Metrotvnews.com, Palembang: Tol Palembang-Indralaya (Palindra) untuk seksi satu dipastikan selesai pada akhir Mei 2017. Meski belum beroperasi resmi, para pemudik bisa melintasi jalur sepanjang 8,5 kilometer ini secara gratis.

Manajer Proyek PT Hutama Karya (Persero) Divisi Tol Palindra, Hasan Turcahyo, mengatakan, pada akhir Mei mendatang tarif penggunaan tol Palindra belum diterapkan. Karena harus dilakukan uji coba terlebih dahulu. Meskipun begitu, para pemudik sudah dapat melewatinya.

"Uji coba atau uji kelayakan ini biasanya memakan waktu dua bulan yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Jalan Tol (BPJT)," kata Hasan, Selasa, 18 April 2017.

Panjang tol Palindra seksi satu yakni 8,5 kilometer. Terdiri dari 7 km jalan utama dan 1,5 km menuju gerbang akses. Progres pengerjaan seksi satu sudah mencapai 85 persen.

"Sekarang pengerjaan konkretnya pembuatan barier atau pemisah jalur, lampu rambu, gerbang tol, gerbang akses dan beberapa pengerjaan lainnya," terangnya.

Ia menambahkan, untuk seksi dua tol Palindra ini masih mengalami kendala yakni pembebasan lahan. Progres pengerjaannya baru sekira enam persen dari panjang 4,9 km yang menghubungkan Pemulutan dengan KTM Rambutan.

"Kami telah meminta bantuan Pemprov Sumsel untuk segera menuntaskan permasalahan lahan ini," katanya.

Sedangkan untuk seksi tiga tol Palindra yang menghubungkan antara Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan-Simpang Indralaya sepanjang 9,93 km saat ini progresnya sekitar 64 persen.

Pada seksi ketiga tol Palindra ini kendala yang dialami adanya pipa gas. Namun, pihaknya telah mengubah desain.

"Kami targetkan Agustus mendatang semua seksi dapat digunakan. Namun efektif pemberlakuan tarif pada November," tandasnya.


(SAN)