BPJS Kesehatan Medan Janji Bayar Denda Utang ke RS

Suryadi Ilyas    •    Kamis, 27 Sep 2018 15:29 WIB
bpjs kesehatan
BPJS Kesehatan Medan Janji Bayar Denda Utang ke RS
Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menunjukkan kartu keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. MI/Ramdani

Medan: Masalah keuangan menerjang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan berdampak ke keterlambatan pembayaran tunggakan ke rumah sakit (RS) mitra. BPJS Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara, berjanji membayar denda keterlambatan pembayaran.

Humas BPJS Kota Medan Redo menyebut, pihaknya sedang memverifikasi laporan klaim dari RS dan akan membayar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan yang berlaku. Mereka akan membayar dalam 15 hari semenjak laporan lengkap dan ditambah denda keterlambatan pencairan dana klaim.

"Saya enggak bisa kasih tahu berapa banyak jumlah tunggakan klaim. Kalau pun nanti ada keterlambatan (pembayaran) BPJS Kesehatan, kami akan membayar satu persen per bulan dari total klaim rumah sakit," kata dia.

Kabag Humas Rumah Sakit Dr. Pringadi Medan, Edison, menyebut tunggakan BPJS Kesehatanya ke lembaganya sebesar Rp20 miliar untuk Mei hingga Juli. "Tagihan kami belum dibayar, untuk saat ini tiga bulan, " kata dia.

RS Dr. Pringadi Medan baru mengajukan tagihan klaim untuk tiga bulan tersebut. Dia pun mengakui utang klaim tersebut tak kunjung dibayar. Namun, dia memastikan pelayanan RS ke pasien tak berkurang.

"Kita tetap jalankan sesuai undang-undang, tidak boleh pasien ditelantarkan. Tetap kita obati dan masih berjalan dengan normal," tegas Edison.


(SUR)