WN Malaysia Ditangkap di Jambi karena Selundupkan Sabu

Antara    •    Minggu, 02 Sep 2018 15:26 WIB
narkoba
WN Malaysia Ditangkap di Jambi karena Selundupkan Sabu
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Jambi: Satresarkoba Polresta Jambi menangkap seorang warga negara asing (WNA) asal Malaysia di Bandara Sultan Thaha, Jambi, karena kendapatan membawa sabu-sabu pada Sabtu malam, 1 September 2018. Isa Bin Muhamed, 34, menggunakan modus menelan kapsul besar berisikan sabu di dalam perutnya.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzie Dalimunthe menyebut Isa yang baru tiba di bandara dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk di rontgen. Tiga kapsul berisikan sabut ditemukan di dalam perut tersangka.

Kasus ini bisa terungkap setelah pihak kepolisian menerima informasi bahwa akan ada warga negara asal Johor Baru, Malaysia, membawa paket narkoba melalui jalur penerbangan dari Johor menuju Jambi via jalur laut Batam.

"Anggota kita langsung melacak keberadaan pelaku yang diduga anggota jaringan sindikat narkoba internasional itu sampai ke Batam," kata Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzie Dalimunthe seperti yang dilansir Antara, Minggu, 2 September 2018.

Petugas membuntuti pelaku dengan naik pesawat yang sama. Pelaku kemudian ditangkap di bandara Jambi. Saat ditangkap, tidak ditemukan sabu di barang bawaan pelaku.

Polisi curiga dan membawanya ke rumah sakit untuk dirontgen. "Hasil pemeriksaan rontgen tubuh pelaku Isa Bin Mohamed ditemukan keanehan berupa benda berbentuk kapsul bulat berukuran besar sebanyak tiga buah yang ada di dalam perut," kata dia.

Isa diberi obat untuk mengeluarkan tiga kapsul yang isinya berisi sabu seberat 151,8 gram. Isa merngaku sudah dua kali menggunakan jalur Johor-Batam-Jambi.

Isa mengaku penerima barang haram tersebut merupakan penerima yang sama dari pengiriman sebelumnya. Pelaku menggunakan visa kunjungan wisata dari Johor Baru, Malaysia ke Jambi. Dia dijerat pasal 112 ayat 2 dan 114 ayat 2 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


(SUR)