Mesin Pembuat Tahu Meledak 2 Tewas

Farida Noris    •    Senin, 26 Sep 2016 16:02 WIB
kecelakaan kerja
Mesin Pembuat Tahu Meledak 2 Tewas
Salah satu korban ledakan mesin pembuat tahu. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Sergai: Boiler atau mesin penggiling pembuat tahu di pabrik tahu Dusun 3 Desa Sukajadi Hilir, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara, meledak. Akibatnya, dua pekerja meninggal dunia.

Dua korban meninggal adalah Koko Susilo, 21, warga Dusun III Desa Sukajadi; dan Supri, 37, warga Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin.

Kejadian berlangsung pada pukul 00.30 WIB, Minggu 25 September 2016. Saat itu, Koko tengah memanaskan boiler dengan kayu bakar sekitar 30 menit. Tiba-tiba terdengar suara ledakan besar. 

Setelah suara ledakan berhenti, para pekerja dan masyarakat mendatangi lokasi. Koko saat itu menjerit kesakitan di belakang mobil pick up yang sedang terparkir. Di kolong mobil itu juga terdapat Supri yang dalam kondisi kritis.

Kedua korban langsung dibawa ke RSU Grand Medistra Lubukpakam. Namun, Joko tak dapat diselamatkan. Dia meninggal di rumah sakit itu. 

Adapun Supri dibawa ke RSU Sawit Indah Perbaungan dan dirujuk ke RSU H. Adam Malik Medan. Namun, korban juga turut meninggal dunia setelah akan dijemput keluarga.

Kasubbag Humas Polres Sergai AKP Jasmoro mengatakan, dari hasil interogasi sementara terhadap saksi Ahmad Dani dan Suwito, ledakan terjadi karena ketiadaan air di dalam boiler. Kosongnya boiler membaut daya panas naik dan menyebabkan ledakan besar. 

"Boiler yang terbuat dari besi itu dalam keadaan tertutup rapat sehingga suhu panas di dalam boiler menyebabkan terjadinya ledakan. Ledakan menyebabkan dua korban terlempar dan menghancurkan beberapa barang di TKP," kata dia, Senin (26/9/2016).


(UWA)