Janjikan Pekerjaan, Oknum Pegawai PTPN III Gondol Rp50 Juta

Budi Warsito    •    Selasa, 11 Oct 2016 16:24 WIB
penipuan
Janjikan Pekerjaan, Oknum Pegawai PTPN III Gondol Rp50 Juta
Ilustrasi/Tribun Pakistan

Metrotvnews.com, Medan: M. Nur, oknum pegawai PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yang merupakan warga Jalan PWS, Gang Saidi Nomor 7, Kelurahan Sei Putih Timur, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, harus merasakan dinginnya jeruji besi ruang tahanan akibat ulah yang dilakukannya. 

M. Nur diringkus personel Satreskrim Polrestabes Medan karena yang bersangkutan berulang kali menipu dengan modus mampu meluluskan masyarakat menjadi pegawai PTPN III Medan. 

Dari informasi yang diperoleh, M. Nur telah menipu empat korban, yakni M. Ihsan Fadil, Febi Ramadani, Khairunnisa, dan Alfian Sitorus.

Dalam aksinya, tersangka meminta calon korban melengkapi berkas-berkas serta uang administrasi. Ia pun mematok uang administrasi Rp50 juta.

Hal ini diungkapkan M. Ikhwan yang merupakan orang tua M. Ihsan Fadil. Saat itu mereka bertemu pada 17 Mei 2016.

"Kalau saya, kerugian Rp50 juta. Waktu itu dia datang dan mengatakan bahwa di PTPN III tengah membutuhkan orang. Katanya anak saya bisa dimasukkan sebagai pegawai," kata Ikhwan, di Medan, Selasa (11/10/2016). 

Karena tersangka merupakan pegawai di PTPN III, dirinya pun tak menaruh curiga. "Lalu, saya setorkan uang secara bertahap," kata dia.

Setelah uang diserahkan, tersangka menghilang. Tersangka juga selaku menghindar saat ditanyai kejelasan penerimaan pegawai. "Alasannya ada saja. Saya kemudian melaporkannya ke Polrestabes Medan. Dan sekarang sudah ditangkap," kata Ikhwan.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Fahrizal membenarkan penangkapan oknum pegawai PTPN III itu. "Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa," kata Fahrizal.


(UWA)