Turis Hawaii Tenggelam di Nias

Budi Warsito    •    Minggu, 18 Sep 2016 20:44 WIB
korban tenggelam
Turis Hawaii Tenggelam di Nias
Ilustrasi--Foto: Antara/Jefri Aries

Metrotvnews.com, Nias: ‎Makena Baker Ryuichi, turis asal Hawaii, Amerika Serikat, ditemukan tewas di kawasan wisata Bahari di Pulau Asu, Desa Hinako, Kecamatan Sirombo, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumatera Utara Komisaris Besar Rina Sari Ginting mengatakan, korban ditemukan tewas pada Jumat 16 September 2016.

"Korban Makena berusia 21, tewas tenggelam dan ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB," kata Komisaris Besar Rina Sari Ginting, Minggu (18/9/2016).

Informasi yang dihimpun, korban berwisata ke Nias Barat bersama ibunya Hiroyo Baker dan rekan Stefen Kennedy. Makena sempat menyelam sambil menangkap ikan menggunakan alat tangkap tradisional milik warga setempat.‎ Ia menyelam di kedalaman 13 meter.

"Setelah berhasil menangkap dua ekor ikan, korban kembali menyelam ke dasar laut untuk menangkap ikan. Namun, setelah itu Makena tidak lagi tampak di permukaan air sekitar 15 menit," kata dia.

Ibu korban langsung meminta tolong pada warga setempat untuk mencari Makena. Beberapa jam kemudian, korban ditemukan di kedalaman 15 meter dengan kondisi tak sadarkan diri. 

Ibu korban sempat memberikan napas buatan namun upaya itu tak membuahkan hasil. Makena pun dievakuasi menggunakan kendaraan polisi ke Rumah Sakit Umum Gunung Sitoli, Nias. Setelah diperiksa tim medis Makena dipastikan meninggal dunia.

"Korban saat melakukan penyelaman tidak menggunakan alat bantu tabung oksigen, sehingga kehabisan oksigen. Diperkirakan korban tenggelam selama 10 atau 15 menit sebelum ditemukan," ujar dia.

Ibu dan rekan korban dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus ini. Kelurga korban meminta Polres Nias tidak melakukan outopsi lantaran korban dipastikan meninggal akibat kehabisan oksigen. Jenazah Makena dibawa ke Medan menggunakan pesawat carter milik Susi Air dari Bandara Gunung Sitoli, pada Sabtu sore 17 September.

"‎Setelah tiba di Medan mayat korban diinapkan di salah salah satu tempat persemayaman (rumah duka) yang berada di Jalan Asia," kata dia.

Sebelum dibawa pulang ke Hawaii, jasad Makena dikremasi pada hari ini. "Setelah selesai acara kremasi, maka abu mayat korban dibawa oleh ibu korban ke negaranya di Hawaii, Amerika Serikat," pungkas dia.


(TTD)