Lebih 20 Ribu Wajib Pajak di Sumut Ikut Tax Amnesty

Budi Warsito    •    Jumat, 30 Sep 2016 15:30 WIB
tax amnesty
Lebih 20 Ribu Wajib Pajak di Sumut Ikut Tax Amnesty
Gubernur dan sejumlah pejabat di Sumut mengikuti tax amnesty periode 1, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Lebih 20 ribu wajib pajak di Sumatera Utara mengikuti kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty periode pertama. Kebijakan tersebut berakhir pada 30 September.

Kepala Kantor Wilayah DJP Sumut-I Mukhtar mengatakan, per 29 September, jumlah wajib pajak yang mengikuti kebijakan itu mencapai 20.428 wajib pajak (WP). Jumlah itu terdiri dari 2.695 WP dari kategori badan dan 17.733 WP pribadi.

"Untuk uang tebusannya, WP badan senilai lebih Rp334 miliar dan WP pribadi sebanyak Rp3,1 triliun. Totalnya Rp3,4 triliun," kata Mukhtar di ruang kerjanya di Medan, Sumut.

Mukhtar mengaku Dirjen Pajak menargetkan perolehan uang tebusan periode I di Sumut senilai Rp4,5 triliun. Mukhtar pun berharap hari terakhir periode I dapat memenuhi target tersebut.

Salah satu wajib pajak yang mengikuti tax amnesty itu yaitu Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Ia melaporkan harta kekayaannya kepada Kantor Wilayah Dirjen Pajak Sumut-I di Jalan Sukamulia, Medan, pada Kamis 29 September.

Gubernur pun mengimbau seluruh warga Sumut, khususnya pengusaha, memanfaatkan tax amnesty untuk melaporkan harta kekayaan masing-masing. 

"Sampai akhir September ini dendanya cuma dua persen. Nanti setelah Oktober menjadi tiga persen. Segeralah melapor," kata Gubernur.

Baca: Catat! Hari Ini Terakhir Program Amnesti Pajak Periode Pertama

Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh pemerintah kepada Wajib Pajak (WP) meliputi penghapusan pajak yang seharusnya terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, dan penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT.

Kendati memiliki keuntungan tersendiri dan terdapat sejumlah fasilitas, namun para WP justru memanfaatkan program dimaksud menjelang akhir pemberlakuan di periode pertama yang berakhir Rabu 30 September 2016. Bahkan, sejumlah kantor pajak masih terus dibanjiri oleh WP yang hendak mengikuti program tersebut.

Lihat video pemerintah menggenjot pendapatan dari tax amnesty:




(RRN)