44 Rumah Terdampak Angin Puting Beliung di Deliserdang

Farida Noris    •    Kamis, 06 Jul 2017 12:39 WIB
puting beliung
44 Rumah Terdampak Angin Puting Beliung di Deliserdang
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Ismar Patrizki)

Metrotvnews.com, Medan: Angin puting beliung melanda Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Sibirubiru di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Sedikitnya 44 rumah mengalami kerusakan dan tiga orang anak mengalami luka-luka tertimpa bata.

"Kejadiannya tadi malam, berdasarkan pendataan sementara, ada berkisar 44 rumah yang mengalami kerusakan," kata Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Deliserdang, Supriadi, Kamis, 6 Juli 2017.

Supriadi menyebutkan angin puting beliung terjadi di Desa Lantasan Lama, Kecamatan Patumbak. Di desa ini ada 42 rumah yang rusak antara lain 28 rumah rusak ringan, 10 rumah rusak sedang dan 4 rumah rusak berat.

"Kemudian di Desa Sidomulyo Kecamatan Sibiru Biru ada dua rumah yang rusak antara lain satu rumah rusak sedang dan satu rumah lagi mengalami rusak ringan," terangnya.

Dalam peristiwa ini, tiga orang anak terpaksa dibawa ke rumah sakit karena tertimpa bata yang runtuh dari rumah korban. Sedangkan warga yang rumahnya mengalami rusak berat mengungsi ke rumah tetangga.

"Korban ada tiga orang anak tertimpa batu bata saat angin puting beliung terjadi. Korban sudah dibawa ke rumah sakit. BPBD Deli Serdang sedang melakukan assestmen," jelasnya.

Pasca kejadian, kata Supriadi, PMI dan BPBD Deli Serdang tengah menyalurkan bantuan untuk para korban. Tak hanya itu, juga didirikan tenda darurat bagi para warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung.

"Bantuan tengah disalurkan. BPBD juga sudah di lokasi memberi paket makanan siap saji bagi warga yang rumahnya terdampak. Kita masih terus melakukan pendataan apakah masih ada korban yang terdampak," bebernya.


(ALB)