Bandara Kualanamu Sempat Tutup 20 Menit

Budi Warsito    •    Kamis, 03 Aug 2017 14:19 WIB
kecelakaan pesawat
Bandara Kualanamu Sempat Tutup 20 Menit
Aktivitas maskapai di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Deli Serdang: Insiden senggolan pesawat Lion Air dengan Wings Air sempat mengganggu aktivitas Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Kamis, 3 Agustus 2017. Aktivitas penerbangan ditutup 20 menit.

"Aktivitas penerbangan sempat ditutup selama 20 menit dan sekarang penerbangan normal kembali," kata Manajer Komunikasi Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto. 

Wisnu menerangkan, tabrakan melibatkan pesawat Lion Air JT 197 dan Wings Air IW 1252 terjadi di taxiway Bandara Kualanamu. Saat itu, Lion Air JT 197 dengan penumpang 144 orang yang baru mendarat dari Banda Aceh akan mengambil posisi untuk parkir.

Sementara, Wings Air yang membawa 66 penumpang dari Bandara Kualanamu tengah antre untuk lepas landas menuju Bandara Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Aceh.

"Pesawat Lion Air berusaha menghindar ke kanan, namun karena jarak terlalu dekat, dan terbatasnya ruang di runway, sehingga sayap kiri pesawat JT 197 bertabrakan dengan sayap kanan  IW1252," paparnya.

Saat ini otoritas bandara, AP 2, Airnav, dan pihak maskapai tengah melakukan investigasi terkait kecelakaan tersebut. Tidak ada korban dalam kejadian ini. 

"Saat ini, penumpang sudah diterbangkan menuju Meulaboh," tandas Wisnu.


(SAN)