2 Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Madina Dimusnahkan

Farida Noris    •    Kamis, 20 Apr 2017 09:12 WIB
ladang ganja
2 Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Madina Dimusnahkan
Pemusnahan ladang ganja -- MI/Heri Susetyo

Metrotvnews.com, Medan: Lagi-lagi ditemukan ladang ganja siap panen di Hutan Tor Sibarungu, Desa Huta Tinggi, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Ladang ganja seluas dua hektare itu langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kasi Medtax Pendam I Bukit Barisan Mayor Inf Yamin Sohar mengatakan, penemuan ladang ganja bermula dari informasi yang diperoleh personelnya. "Lalu Danramil 13/Panyabungan Kapten Inf Pardamean Sihombing bersama dengan sembilan orang personel berangkat dari Panyabungan menuju Desa Huta Tinggi. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi ladang ganja," jelasnya, Kamis, 20 April 2017.

Di lokasi, personel menemukan sekitar 3.000 batang ganja yang tumbuh subur. Tinggi tanaman berkisar 2 meter. Tidak diketahui siapa pemilik ladang ganja yang siap panen ini.

"Selanjutnya ganja dicabut dan dimusnahkan di lokasi dengan sistem dibakar. Personel langsung memusnahkan ladang ganja yang ditemukan. Kita masih menyelidiki siapa sebenarnya pemilik ladang ganja tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, juga ditemukan tiga hektare ladang ganja di Pegunungan Huta Tinggi, Panyabungan Timur, Kabupaten Madina, pada 8 April 2017. Di lahan tersebut tertanam ribuan batang pohon ganja.

Diketahui ladang itu milik M. Ridwan Nasution. Ia merupakan warga Desa Huta Tinggi, Panyabungan Timur, Kabupaten Mandina.

Selain ganja, petugas juga mengamankan barang bukti dua pucuk senjata api rakitan beserta amunisinya. Senjata api digunakan pelaku untuk menjaga ladang ganja.

Sehari sebelumnya, 7 April 2017, Polres Aceh Selatan menemukan 8 hektare ladang ganja di kawasan Pegunungan Alueba, Kecamatan Meukek, Tapaktuan, Aceh.


(NIN)