Petugas Temukan 925 Gram Sabu di Selangkangan Penumpang

Budi Warsito    •    Senin, 21 Nov 2016 14:34 WIB
pemberantasan narkoba
Petugas Temukan 925 Gram Sabu di Selangkangan Penumpang
Bandara Kualanamu, Metrotv - Khottob Nasution

Metrotvnews.com, Deli Serdang: Petugas Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, menggagalkan penyelundupan 925 gram sabu-sabu. Modus penyelundupan yaitu menyimpan dua bungkus sabu di selangkangan.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto mengatakan, penyelundupan terjadi pada Senin 21 November. Petugas Aviation Security (Avsec) mencurigai calon penumpang berinisial MF.

Senin pagi, MF memasuki area Terminal Keberangkatan lalu melakukan pemindaian. Namun gerak-geriknya mencurigakan.

"Ketika berjalan terlihat janggal, oleh sebab itu oleh petugas Avsec dilakukan pemeriksaan badan atau body searching terhadap pelaku," kata Wisnu.

Setelah mengecek, petugas menemukan dua bungkus sabu di selangkangan MF. Sabu dibungkus dengan kemasan yang rapi.

MF tak bisa mengelak. Ia mengaku bakal membawa barang itu ke seorang bandar narkoba di Surabaya, Jawa Timur. Ia pun berencana menggunakan pesawat dari Kualanamu menuju Surabaya.

Kini, kata Wisnu, MF dan barang bukti dibawa ke Polres Deli Serdang. Hasil kegiatan itu, terang Wisnu, tak mengganggu operasional bandara dan penerbangan di Kualanamu.

Ini bukan kali pertama kurir narkoba berusaha menembus penjagaan di Kualanamu. Peristiwa serupa pun terjadi pada Selasa 7 November.

Baca: Ibu Rumah Tangga 4 Kali Selundupkan Narkoba dalam Pembalut

Seorang perempuan berinisial M mengelabui petugas saat baru mendarat di Kualanamu. Perempuan berusia 24 tahun yang terbang dari Malaysia itu menyembunyikan ratusan pil happy five, ekstasi, dan belasan gram sabu-sabu saat mendarat di Kualanamu.

Ia menyembunyikan narkoba dalam pembalut. Usahanya nyaris sempurna. Ia melumuri pewarna merah dan bau tak sedap pada pembalutnya.

Namun upayanya gagal. Petugas menginterogasi dan memeriksa tubuhnya. Modusnya pun terbongkar.ya pun terbongkar.


(RRN)