Batik Medan Bikin Penduduk Negeri Jiran Kepincut

Farida Noris    •    Sabtu, 12 Nov 2016 19:42 WIB
batik
Batik Medan Bikin Penduduk Negeri Jiran Kepincut
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin mengenalkan batik Medan dalam sebuah pameran. (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Medan: Dibandingkan batik Pekalongan dari Jawa Tengah atau Batik Trusmi khas Cirebon mungkin batik Medan belum banyak dikenal. Padahal, motif dari batik Medan memiliki tak kalah menarik dengan kualitas yang juga baik.

"Sejak diperkenalkan pada Mei 2016 lalu, perlahan-lahan batik Medan memang mulai dikenal masyarakat," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Rita Maharani Dzulmi Eldin, Sabtu (12/11/2016).

Perlahan tapi pasti, batik Medan mulai dilirik publik. Bukan hanya di Kota Medan, tapi juga di Jakarta bahkan hingga Malaysia. 

Apalagi, kata Rita, batik Medan terkenal dengan keunikan motifnya. Dari motif becak Medan, motif Istana Maimun hingga motif rumah Tjong A Fie. Selain itu motif batik lainnya, yakni jenis bunga maupun tanaman khas yang ada di Kota Medan

"Animo masyarakat untuk memilikinya pun terus meningkat, permintaan terhadap batik Medan bahkan kian bertambah. Hal ini tidak terlepas dari motifnya yang sangat menarik itu," ungkap Rita.

Dengan diperkenalkannya batik Medan, menurut Rita, secara tak langsung mengangkat derajat kehidupan para perajin batik di Medan.

"Kami akan terus mengenalkan batik Medan sehingga semua mengetahui. Dengan demikian orang akan tahu Kota Medan memiliki batik khas yang berbeda dengan batik- batik lainnya," kata dia.

Salah satu media pengenalan batik Medan dilakukan Rita dengan mengikuti pameran. Termasuk meminta sejumlah camat di Kota Medan mengenalkan batik melalui fashion show.

"Dengan pola dukungan yang masif seperti ini maka pemahaman publik tentang batik medan semakin baik. Mudah-mudahan batik Medan semakin dikenal luas masyarakat tak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri," pungkasnya.


(MEL)