Izin Kedaluwarsa, Gudang Limbah RS Sri Torgamba Disegel

Budi Warsito    •    Selasa, 01 Nov 2016 19:36 WIB
pengolahan limbah
Izin Kedaluwarsa, Gudang Limbah RS Sri Torgamba Disegel
Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut pasang garis polisi di tempat pembuangan limbah RS Sari Torgamba. Foto: Polda Sumut

Metrotvnews.com, Labusel: Polda Sumatera Utara menyegel gudang limbah milik Rumah Sakit Sri Torgamba yang berada di Desa Torgamba, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel), Sumatera Utara. 

Penyegelan dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut karena ada dugaan tindak pidana penyalahgunaan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis.

Selain itu, petugas juga mendapati izin pengelolaan limbah cair dan pengelolaan limbah medis (insenerator) rumah sakit tersebut sudah lama habis masa berlakunya.

"Sudah lima saksi dan seorang saksi ahli yang diperiksa. Kelima orang saksi itu dari pihak Rumah Sakit Sari Torgamba," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, Selasa (1/1/2016).


Limbah B3 medis di gudang limbah milik Rumah Sakit Sri Torgamba

Sebelum disegel, pada 27 April 2016 Badan Lingkungan Hidup telah melayangkan surat teguran ke RS Sri Torgamba. Surat teguran dilayangkan agar RS Sari Torgamba segera mengurus perpanjangan izin pembuangan air limbah dan izin insinerator dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pihak rumah sakit juga telah diingatkan untuk tidak membakar limbah medis dan limbah padat menggunakan insenerator hingga memiliki izin baru. Ini dilakukan karena lokasi tempat pembuangan limbah mereka berdekatan dengan permukiman warga.


(UWA)