Gempa dan Tsunami di Palu

Ratusan Kilogram Rendang akan Dikirim ke Palu

Alex Rajes    •    Selasa, 02 Oct 2018 19:28 WIB
Gempa Donggala
Ratusan Kilogram Rendang akan Dikirim ke Palu
Staf BPBD Sumbar menunjukkan kardus berisikan rendang yang akan dikirim ke korban bencana di Palu, Sulteng, dok istimewa

Padang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat menerima sumbangan 965 Kilogram (Kg) rendang dari warga di provinsi tersebut. Rendang akan dikirim sebagai bahan pangan untuk warga yang menjadi korban bencana di Sulawesi Tengah.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan sajian khas masyarakat minang itu kini disimpan di aula kantor BPBD Sumbar, Jalan Sudirman, Padang Barat, Kota Padang. BPBD mengemas rendang dalam kotak kardus.

"Kita kumpulkan dulu. Dalam waktu dua atau tiga hari ke depan, kami kirim ke Palu dengan menggunakan pesawat Garuda,” kata Erman di Padang, Selasa, 2 Oktober 2018.

Rendang dikumpulkan dari puluhan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sumbar. Pengumpulan bahan pangan itu dilakukan secara spontan sesuai kemampuan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno atau Wagub Nasrum Abit akan menghantar langsung pengiriman rendang. Namun, pengiriman masih terkendala kondisi Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Sulteng. Hingga empat hari setelah gempa dan tsunami, penerbangan di bandara masih diprioritaskan untuk mengevakuasi warga yang terluka.

Selain rendang, Pemprov Sumbar juga akan mengirimkan bantuan uang tunai sebesar Rp350 juta. Pengiriman bantuan juga merupakan kerja sama Pemprov dengan Basnas Sumbar. 


(RRN)