Sejumlah Kawasan di Batam Banjir

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 07 Sep 2018 17:25 WIB
bencana longsor
Sejumlah Kawasan di Batam Banjir
Ruas jalan di kawasan Windsor, Lubukbaja, Kota Batam banjir, Jumat, 7 September 2018.

Batam: Hujan deras yang mengguyur Batam dan sekitarnya, Jumat, 7 September 2018 mengakibatkan sejumlah kawasan di kota ini banjir. Selain pemukiman warga, beberapa ruas jalan utama di Batam juga banjir. Ketinggian air mencapai 70-80 sentimeter. 

Ruas jalan utama yang mengalami banjir, di antaranya Jalan Raden Fatah dan beberapa ruas jalan di kawasan Windsor, Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam. Arus lalu lintas di ruas jalan itu terganggu karena genangan air cukup tinggi. 

"Hujan yang turun sejak siang cukup deras. Beberapa ruas jalan yang kami lintasi banjir dan genangan airnya cukup tinggi," ujar Andri, warga Baloi, Kota Batam. Ia mengaku aktivitasnya sedikit terganggu karena beberapa ruas jalan yang dilalui banjir. 


Ruas Jalan Raden Fatah, Lubukbaja, Kota Batam, banjir, Jumat, 7 September 2018. 

Di ruas Jalan Raden Fatah, Kecamatan Lubukbaja, misalnya, beberapa kendaraan yang nekat melintas akhirnya terjebak banjir. Ketinggian air di ruas jalan ini mencapai sekitar 80 sentimeter. Sebuah kendaraan tak bisa melintas dan mogok di tengah kepungan banjir. 

Tampak juga beberapa kendaraan terpaksa memutar balik untuk menghindari banjir. Sementara itu, ruas jalan di kawasan Windsor, sekitar Meximo juga banjir. Beberapa kendaraan jalan perlahan untuk menghindari mogok di tengah jalan. 

Agoes, warga Batam Centre, mengatakan, hujan yang mengguyur Batam sejak pukul 11.00 WIB menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang banjir. "Hanya tergenang biasa, mungkin dikarenakan di kawasan itu ada aktivitas pelebaran jalan sehingga air tidak mengalir," ujarnya. Hingga pukul 16.00 WIB, hujan yang mengguyur Batam dan sekitarnya. 

Sementara itu, peringatan cuaca dini wilayah Kepulauan Riau (Kepri) tanggal 7 September 2018, yang dikeluarkan BMKG Hang Nadim Batam, menyebutkan, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 11.30 WIB di wilayah; Belakangpadang, Bulang, Sagulung, Batuaji, Sekupang, Lubukbaja, Batuampar, Kota Batam.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 13.30 WIB dan meluas ke wilayah Batam Kota, Seibeduk, Bengkong, Nongsa, dan sekitarnya," tulis BMKG Hang Nadim. 

Kepala BMKG Hang Nadim, Suratman, mengatakan, curah hujan yang dicatat BMKG Bandara Hang Nadim Batam, diukur pada pukul 13.00 WIB : 5,2 mm. Untuk pengukuran curah hujan pukul 16.00 WIB : 3,7 mm. "Intensitas hujan hari ini masih dikategorikan intensitas rendah," ujarnya. 

Adapun prediksi cuaca tiga hari ke depan, diperkirakan masih sama. Pada umumnya berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan yang sifatnya lokal. Penyebab hujan, kata Suratman, dikarenakan adanya pola angin yang mengumpul (konvergensi) di sekitar wilayah Kepri menyebabkan memupuknya massa udara di sekitar wilayah tersebut. 

"Hal itu mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvertif,: ujarnya. 



(ALB)