Penambang Terjebak di Merangin Ditargetkan Dikeluarkan Hari Ini

syamsul bahri    •    Kamis, 03 Nov 2016 12:35 WIB
longsor
Penambang Terjebak di Merangin Ditargetkan Dikeluarkan Hari Ini
Tim mengatasi arus deras saat hendak memasuki lubang lokasi 11 penambang terjebak di Merangin, MI - Solmi

Metrotvnews.com, Merangin: Proses pencarian 11 warga yang terjebak di lubang tambang emas di Kabupaten Merangin, Jambi, memasuki pekan kedua. Proses pencarian berakhir pada Jumat besok 3 November.

Belasan warga tertimbun di lubang tambang emas di Desa Simpang Parit, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin. Tim evakuasi sudah dapat memasuki lubang tambang. Namun tim belum menemukan korban.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran Kartayuga mengatakan tim memastikan sebelas korban dalam kondisi meninggal. Tapi tim belum dapat menjangkau posisi korban yang berada pada kedalaman 80 meter di Sungai Batang Merangin.

Munggaran mengatakan tim mengerahkan satu unit alat berat untuk menutupi kebocoran pada lubang. Tim juga membuat pulau kecil di tepi sungai untuk menghambat air masuk ke lubang.


(Ekskavator dikerahkan di lokasi penambang terjebak di Merangin, MI - Solmi)

"Alhamdulillah air mulai berkurang. Kami menargetkan hari ini sudah bisa mengeluarkan korban," kata Kapolres di Merangin, Kamis (3/11/2016).

Kendala lain, kata Kapolres, cuaca yang berubah-ubah di Sungai Batang Merangin. Bila hujan, tim tak bisa memasuki lubang. Bila cerah, cuaca mendadak mendung dan hujan. 

"Khawatirnya tim yang sudah telanjur masuk ke lubang malah terjebak air. Itu membahayakan keselamatan mereka," lanjut Kapolres.

Sementara itu, cuaca pada Kamis pagi ini tampak mendung. Kapolres mengatakan masih menunggu cuaca cerah hingga sore hari untuk menurunkan tim menjangkau korban.

Sementara tim dan alat-alat tak bermasalah. Tim siap untuk bertugas mengeluarkan jenazah.

Kapolres mengatakan tim membuat lubang baru menuju lokasi korban. Tim tak akan melintasi lubang yang biasa dilewati penambang. Sebab, jarak mulut lubang ke lokasi korban cukup jauh kurang lebih 80 meter.

Baca: BPBD Akui Sulit Evakuasi Penambang Emas Terjebak Longsor di Jambi

Bila melewati lubang baru, tim hanya melintasi jarak sejauh kurang lebih 8 meter menuju lokasi korban. 

Sebelas penambang emas itu terjebak di bawah tanah sejak Senin petang 24 Oktober. Lokasi sebelas penambang tersebut berada di bawah permukaan Sungai Batang Merangin. Mereka tak bisa keluar dari lubang jarum karena air membanjiri area tersebut. 


 


(RRN)