Bendahara Dibekuk karena Gelapkan Gaji Puluhan PNS

Budi Warsito    •    Kamis, 16 Mar 2017 18:29 WIB
kasus penggelapan
Bendahara Dibekuk karena Gelapkan Gaji Puluhan PNS
Ilustrasi penggelapan, Ant

Metrotvnews.com, Medan: Polisi membekuk seorang bendahara kecamatan di Medan, Sumatera Utara. Bendahara berinisial A itu diduga terlibat menggelapkan gaji puluhan pegawai negeri sipil (PNS) di Kecamatan Medan Area hingga ratusan juta rupiah.

Kapolsek Medan Area Kompol M Arifin mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan pelaku. Tersangka mengaku memotong gaji PNS setiap bulan. Ia memanipulasi data dan tanda tangan camat terkait gaji PNS.

"Ada yang Rp200 ribu hingga Rp4 juta per PNS, modusnya yakni memalsukan data dan tanda tangan camat dalam pengambilan dana ke bank," terang Kapolsek, Kamis 16 Maret 2017.

Arifin menjelaskan, kasus ini terungkap berawal dari pengaduan salah seorang PNS yang merasa curiga dengan pemotongan gajinya. Ia kemudian melapor kepada camat dan selanjutnya membuat pengaduan kepada polisi. 

"Total tersangka memanipulasi gaji sebanyak 85 PNS termasuk camat dan para lurah Kerugian mencapai RP 287 juta. Uang itu digunakan untuk kepentingan pribadi," tandas Kompol M Arifin.


(RRN)