Tiga Hari setelah Idul Adha, Pemkab Bireuen masih Libur

Muhammad MY    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:53 WIB
pns
Tiga Hari setelah Idul Adha, Pemkab Bireuen masih Libur
Kantor Pemkab Bireuen, Aceh, Metrotv - Muhammad MY

Metrotvnews.com, Bireun: Pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh, masih belum masuk kantor. Humas Pemkab Bireuen mengatakan PNS kembali bekerja besok, Jumat 16 September.

Dari pantauan Metrotv, sejumlah warga putar arah saat berada di depan pintu Kantor Camat Kota Juang, Kamis 15 September. Pasalnya, pintu kantor tutup.


(Warga tak bisa mengurusi e-KTP karena Kantor Camat Kota Juang, Bireun, masih tutup, Metrotv - Muhammad MY)

Warga sedianya hendak mengurusi perekaman e-KTP. Namun rencana itu batal karena kantor tutup. Tak ada aktvitas perkantoran di bangunan yang berlokasi di Jalan Laksamana Malahayati itu.

Tak hanya itu, suasana sepi pun tampak di Kantor Pemerintah Kabupaten Bireuen. Pagar kantor tutup. Tak tampak satupun PNS di Kantor Pemkab.


(Pagar Kantor Pemkab Bireun masih ditutup di hari keempat setelah Idul Adha, Metrotv - Muhammad MY)

Kabag Humas Pemkab Bireuen, Andri Saputra, mengatakan PNS masih libur. Itu sesuai dengan surat edaran dari Bupati Ruslan HM Daud yang menyebutkan hari libur Idul Adha mulai 12 hingga 15 September.

"Itu sesuai syariat Islam yaitu Hari Tasyrik," kata Andri.


(Kabag Humas Pemkab Bireuen, Andri Saputra, Metrotv - Muhammad MY)

Hari Tasyrik berlangsung hingga tiga hari setelah perayaan Idul Adha. Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1437 Hijriah jatuh pada 12 September. Sehingga Hari Tasyrik bertepatan pada 13, 14, dan 15 September. 

"Untuk pelayanannya akan diganti pada tiga kali Sabtu yaitu pada 17 September, 24 September, dam 1 Oktober," lanjut Andri.

Andri mengatakan penggantian jadwal tak akan mengganggu pelayanan pada masyarakat. Sebab, pemerintah telah mengatur jam gilir bekerja, misalnya di Puskesmas.


(RRN)