IAH Terinspirasi Peristiwa Teror di Prancis

Budi Warsito    •    Senin, 29 Aug 2016 00:39 WIB
bom bunuh diri
IAH Terinspirasi Peristiwa Teror di Prancis
Gereja St Yosef dijaga ketat. Polda Sumut

Metrotvnews.com, Medan: Hingga kini kepolisian masih menyelidiki aksi percobaan bom bunuh diri oleh IAH, 17, di Gereja St Yosef di Jalan Dr Mansur Medan, Minggu, 28 Agustus pagi. ‎

Dari pemeriksaan yang dilakukan Polresta Medan, pelaku mengaku terinsipirasi peristiwa teror yang terjadi di Prancis beberapa waktu lalu.

"Dari hasil interogasi tersangka, ia mengatakan melihat di internet kejadian di Prancis sehingga terinspirasi," ujar Kapolresta Medan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto, Minggu (28/8/2016) malam di Mapolresta Medan. 

Namun, Mardiaz mengatakan, pihaknya masih mendalami motif IAH. Dia meminta semua pihak untuk bersabar, lantaran pemeriksaan masih berlangsung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, IAH berencana melakukan aksi bom bunuh diri di Gereja St Yosef. Namun, aksinya gagal lantaran IAH sebelumnya melukai pastor Albert S pandingan dengan menggunakan pisau dapur yang dibawanya. IAH kemudian segera diringguh jemaat dan diserahkan ke petugas. 

Setelah diperiksa, di dalam tas yang dibawa IAH ditemukan tiga pipa diduga bom rakitan. IAH juga mengaku, nekat melakukan percobaan bom bunuh diri setelah disuruh seseorang yang ditemuinya di jalan. 


(LDS)