Tiga Mantan Panglima GAM Resmi Daftar Pilkada Aceh

Nurul Fajri    •    Rabu, 21 Sep 2016 18:05 WIB
pilkada serentak
Tiga Mantan Panglima GAM Resmi Daftar Pilkada Aceh
Pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh di KIP Aceh, Rabu 21 September 2016 (Foto: MTVN/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Rabu 21 September, resmi membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada Aceh 2017. Tiga pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh resmi mendaftarkan diri ke KIP Aceh.

Bakal cagub dan cawagub Aceh yang sudah mendaftar itu yakni Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, Zaini Abdulah-Nasaruddin, dan Zakaria Saman-T Alaidinsyah. 

Irwandi-Nova diusung lima partai politik yakni Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh, Partai Damai Aceh, PKB dan PDIP. Pasangan ini yang pertama kali mendaftar ke KIP Aceh.

Sedangkan pasangan Zaini-Nasaruddin dan Zakaria-T Alaidinsyah maju melalui jalur independen pada pilkada serentak Februari 2017.

Pantauan Metrotvnews.com, tiga pasang cagub-cawagub itu mendaftar ke KIP Aceh didampingi ratusan para pendukung. Tiga bakal cagub itu merupakan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Hari ini, seluruh persyaratan termasuk kekurangan KTP telah kami penuhi. Karena itu pula kami resmi mendaftarkan diri," kata Zaini Abdullah di media center KIP Aceh, Rabu (21/9/2016).

Sebelumnya dua pasangan dari perseorangan sudah menyerahkan syarat dukungan KTP agar bisa maju dalam Pilkada Aceh. Hasil verifikasi KIP Aceh, calon patahana Zaini Abdullah-Nasaruddin masih harus mengumpulkan 28.902 KTP tambahan untuk memenuhi syarat dukungan. 

Zaini juga meminta dukungan dari masyarakat Aceh. Dirinya juga mengaku siap kalah dalam pesta demokrasi 2017 mendatang.

Sedangkan, pasangan Zakaria Saman-T Alaidinsyah yang sudah mendaftar masih harus mengumpulkan 159.786 lembar KTP lagi untuk memenuhi syarat minimal yang ditentukan KIP.

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan, pihaknya akan memverifikasi berkas yang sudah diserahkan pendaftar. "Akan kami lakukan verifikasi. Pada 24-25 September, calon akan diuji kesehatan dan tes baca Al Quran," kata Ridwan Hadi.

Informasi yang dihimpun, Pemilihan Gubernur Aceh 2017 akan diikuti enam pasang bakal calon. Tiga pasangan bakal cagub Aceh berasal dari jalur perseorangan yakni Zaini Abdullah-Nasaruddin, Zakaria Saman-T Alaidinsyah, dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa. 

Sedangkan tiga pasang lainnya akan diusung partai politik. Yakni Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Muzakir Manaf-T A Khalid, dan Tarmizi Karim-Muksalmina.


(TTD)