UMP Sumsel Rp2,59 Juta

Alwi Alim    •    Rabu, 01 Nov 2017 17:42 WIB
ump
UMP Sumsel Rp2,59 Juta
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumsel tahun 2018 sebesar Rp2.595.994. 

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, penaikan itu sesuai dengan aturan pemerintah yang meningkatkan sebesar 8,7 persen. Pemprov juga telah membuat Surat Keputusan (SK) terkait upah tersebut.

"Jadi UMP Sumsel sebesar Rp2,59 juta meningkat dari Rp2,3 juta," kata Alex saat ditemui di Pemprov Sumsel, Rabu sore, 1 November 2017. 

Ia enggan berkomentar kenaikan UMP itu terlalu tinggi atau tidak. Tapi, jika nantinya ada perusahaan yang keberatan atas UMP itu maka dapat mengajukan penangguhan.

"Penangguhan ini harus sesuai alasannya dan tepat sehingga dapat ditindaklanjuti," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Provinsi Sumsel Dewi Indriyati mengatakan, penentuan besaran UMP ditetapkan pemerintah berdasarkan PP nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Pada PP disebutkan bahwa formula UMP yakni inflasi ditambah dengan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan data Badan Pusat Stastik (BPS) Sumsel sebesar 8,71 persen. 

"Nilai UMP 2018 meningkat dibandingkan 2017 dimana hanya sebesar Rp2.388.000 perbulan," katanya

UMP ini akan disosialisasikan kepada kabupaten/kota dan perusahaan untuk membuat UMK. Dalam penentuan UMK nantinya melalui kesepakatan dengan dewan pengupahan seperti asosiasi pengusaha, serikat buruh, dan pemerintah.

"Untuk daerah yang belum memiliki dewan pengupahan biasanya mengikuti UMP," pungkasnya. 


(ALB)