KSAU Cek F-16 untuk Pesta 50 Tahun RI-Singapura

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 06 Sep 2017 16:14 WIB
tni
KSAU Cek F-16 untuk Pesta 50 Tahun RI-Singapura
: Petugas TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru memantau pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU) dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) yang membentuk formasi angka 50 ketika melakukan flypast di wilayah udara Pekanbaru, Riau, Senin (4

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Persiapan peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura di Pekanbaru, 7 September 2017, sudah matang. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto bahkan sudah berada di Pekanbaru untuk mengecek persiapan lokasi acara, termasuk pesawat tempur F-16.

"Pak KSAU sudah berada di Pekanbaru sejak kemarin. Hari ini mengecek langsung kesiapan di lokasi, termasuk mengecek kesiapan pesawat F-16," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono kepada Metrotvnews.com, Rabu, 6 September 2017.

Age menjelaskan, persiapan peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura sudah matang. Bahkan selama tiga hari terakhir, para penerbang di Lanud Roesmin Nurjadin melakukan gladi resik menggunakan pesawat F-16 milik TNI AU.

"Selain di Pekanbaru, Angkatan Udara Singapura juga melakukan gladi resik di wilayah mereka, tepatnya di atas kawasan Marina Bayer,  Singapura. Sejauh ini persiapan di dua negara sudah matang," jelas Age.

Ia menuturkan, puncak acara peringatan 50 tahun hubungan diplomatik RI dan Singapura akan berlangsung di Marina Bay, Singapura, 7 September 2017. Kegiatan akan dimulai sekira pukul 14.30 waktu setempat. 

Dalam acara puncak itu akan hadir Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan para pejabat utama negara tersebut.

Ditambahkan Age, setelah pelaksanaan acara puncak di Singapura, sore harinya sekira pukul 16.00 WIB, acara peringatan 50 tahun hubungan bilateral RI-Singapura dilanjutkan di Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Besok akan ada acara resepsi peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura, di Pekanbaru. Selain Kasau Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto, juga akan hadir Kepala Staf Angkatan Udara Singapura, dan beberapa pejabat tinggi di Lanud Roesmin Nurjadin," ujarnya. 

Terkait pengamanan di lokasi acara, tambah Age, sudah dipersiapkan dan berjalan standar seperti biasa. Tidak ada pengamanan yang ketat maupun pengalihan arus lalu lintas. "Lalu lintas kendaraan berjalan seperti biasa. Pengamanan juga stantar sesuai SOP, " pungkasnya. 


(ALB)