Pedagang Jalan Bulan Medan Serang Petugas Penertiban

Farida Noris    •    Selasa, 25 Jul 2017 18:15 WIB
penertiban
Pedagang Jalan Bulan Medan Serang Petugas Penertiban
Penertiban PKL di Jalan Bulan Medan, Sumatera Utara. (Metrotvnews.com/Farida Noris)

Metrotvnews.com, Medan: Kericuhan sempat terjadi saat penertiban pedagang pasar dan pedagang kaki lima di Jalan Bulan Medan, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 25 Juli 2017. Para pedagang berusaha menghalangi alat berat yang dikerahkan untuk meratakan tempat berjualan.

Penertiban melibatkan petugas Satpol PP, kepolisian dan TNl. Tiba-tiba seorang pedagang mencoba menghalangi alat berat tersebut dan menaikinya. Petugas Satpol PP langsung menangkap pedagang tersebut.

"Jangan kalian robohkan ini. Tempat cari makan kami ini. Jangan suka hati kalian saja. Tak ada hati nurani kalian, seenaknya saja menggusur pedagang kecil," teriak wanita tersebut saat memanjat alat berat yang dikerahkan di lokasi.

Para pedagang langsung saling dorong-dorongan dengan petugas. Mereka tak terima bangunan tempat mereka berjualan dirobohkan begitu saja. Namun upaya pedagang sia-sia. Puluhan bangunan yang berada di lokasi langsung rata dengan tanah.

Tak seperti pedagang lainnya yang melawan upaya penertiban. Di lokasi, Sinuhaji pedagang sayur mengaku hanya bisa pasrah dengan penertiban yang dilakukan petugas. Padahal lokasi itu, sudah bertahun-tahun menjadi tempat para pedagang mencari nafkah.

"Ya, mau bagaimana lagi. Memang sudah disuruh pindah, makanya saya langsung mengosongkan tempat berjualan saya. Tapi saya bingung, ke mana nanti saya berjualan," ucap pria itu.

Penertiban terus mendapat penolakan dari pedagang. Bahkan sejumlah pedagang mencoba melempari petugas dengan botol dan batu. Namun upaya pedagang, berhasil dihalau. Petugas melakukan penjagaan mengantisipasi kericuhan. 

Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya mengatakan penertiban dilakukan karena pedagang berjualan di tempat yang tidak dibolehkan. Karena itulah pedagang digusur untuk menormalisasi jalan agar tidak terjadi lagi kemacetan.

"Setelah ini ditertibkan, Jalan Bulan ini nanti difungsikan untuk jalan alternatif biar tidak ada lagi kemacetan. Apalagi, mereka itu pedagang sementara. Kita juga sudah beri surat peringatan agar mereka segera mengosongkan lokasi itu," bebernya.


(SAN)