Wilayah Pencarian Korban JBB DE Rong 19 Diperluas

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:52 WIB
tabrakan kapal
Wilayah Pencarian Korban JBB DE Rong 19 Diperluas
Tim Basarnas Tanjungpinang melakukan pencarian lima ABK kapal keruk JBB DE Rong 19. Foto: MTVN/Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Batam: Basarnas Tanjungpinang memperluas wilayah pencarian tiga ABK kapal JBB DE Rong 19 yang hilang pascatabrakan dengan MV Kartika Segara di perairan Pulau Senang, Provinsi Kepri.

"Di hari ketiga pencarian ini, kami memperluas wilayah pencarian ketiga korban, yakni di perairan Pulau Nipah dan Pulau Berakit, Provinsi Kepri," ungkap Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang, Djunaidi kepada Metrotvnews. com, Jumat, 15 September 2017.

Djunaidi mengatakan, wilayah pencarian diperluas karena tak menemukan tanda-tanda keberadaan jasad ketiga ABK di lokasi. Begitu pula saat pantauan melalui pesawat udara.

"Karena sangat dimungkinkan jasad ketiga ABK tersebut terbawa arus laut dan masuk ke perairan kita (Indonesia)," kata Djunaidi.

(Baca: Kapal Tanker Tabrakan dengan Kapal Keruk, 5 Orang Hilang)

Penyisiran dilakukan di perairan Pulau Nipah dan Pulau Berakit setelah mengamati arah angin dan gelombang laut yang mengarah di dua pulau tersebut.

Sejumlah kapal dipakai untu melakukan penyisiran. Kapal-kapal itu, di antaranya KN Bismar, RABU 209, dan Kapal Rib dari Batam.  KN Purworejo disiagakan di dermaga Sekupang sambil menunggu perintah Basarnas Pusat.

Pencarian oleh Basarnas Tanjungpinang maupu Tim SAR Singapura belum membuahkan hasil. Otoritas Singapura masih menerjunkan personel dan armada pencarian.

"Kami saling koordinasi di lapangan. Kami mencari para korban di wilayah kita (Indonesia) dan Singapura mencari di wilayah mereka. Sejauh ini pencarian masih nihil," tuturban.  

Singapura juga mengerahkan pesawat Fokker-50, Cassa 13 dan helikopter Superpuma. "Mereka juga cukup intens mencari ketiga korban. Untuk jangka waktu pencarian dilakukan selama seminggu," imbuhnya.

(Baca: Kapal JBB DE Rong 19 Dievakuasi ke Singapura)

 


(SUR)