Calon Kepala Daerah di Aceh Wajib Ikut Tes Baca Alquran

Nurul Fajri    •    Senin, 26 Sep 2016 16:15 WIB
pilkada serentak
Calon Kepala Daerah di Aceh Wajib Ikut Tes Baca Alquran
Bakal Calon Legislatif dari Partai Nasional Aceh (kanan) mengikuti tes kemampuan baca Alquran di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Banda Aceh, Senin (29/4/2013).Foto: Antara/Ampelsa

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Seluruh calon kepala daerah dan wakilnya wajib ikut tes membaca Alquran yang akan dilaksanakan pada Rabu 28 September 2016 di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

"Tes ini tidak boleh diwakilkan. Uji baca Alquran ini wajib bagi setiap calon kepala daerah. Meskipun ini tidak diatur dalam PKPU, tapi kita tetap konsisten melaksanakannya," kata Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Divisi Hukum, Junaidi, kepada Metrotvnews.com, Senin (26/9/2016).

Dalam tes ini, KIP Aceh bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Aceh. Junaidi menyebutkan poin yang akan dinilai adalah setiap calon kandidat mampu membaca Alquran walaupun tidak lancar.

Penilaiannya, ujar Junaidi, meliputi tajwid, adab, dan kelancaran bacaan. Para kandidat dinyatakan lulus dengan nilai minimal 50 poin.

Pilkada Aceh 2017 akan berlangsung serentak di 20 kabupaten/kota di Aceh. Sebanyak 188 calon akan mengikuti tes ini, yakni 88 pasang calon bupati dan walikota, serta enam pasang calon gubernur dan wakil gubernur.

Junaidi mengatakan pelaksanaan uji tes baca Alquran sebelumnya sudah disampaikan pada setiap pasangan calon saat mendaftar. Dia meminta seluruh pasangan calon dapat hadir dalam tes kali ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan KIP Aceh.

 


(UWA)