Distribusi KTP-el Diminta Melibatkan Pihak Kecamatan

Alwi Alim    •    Selasa, 18 Jul 2017 16:40 WIB
e-ktp
Distribusi KTP-el Diminta Melibatkan Pihak Kecamatan
Kepala Disdukcapil Sumsel Septiana Zuraida -- MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumatera Selatan meminta agar distribusi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) diselesaikan pada Desember 2017. KTP-el sangat dibutuhkan sebagai penentu data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pada 2018.

Kepala Disdukcapil Sumsel Septiana Zuraida menyarankan agar Disdukcapil kabupaten/kota berkoordinasi dengan kecamatan untuk distribusi KTP-el. "Ini salah satu solusi yang diberikan pak Dirjen Dukcapil agar distribusi KTP-el tepat waktu," katanya di Pemprov Sumsel,  Selasa 18 Juli 2017.

Septiana mengaku, ada penumpukan KTP-el di sejumlah daerah. Penumpukan terjadi karena pemilik belum mengambilnya.

"Pemilik KTP-el itu sudah dihubungi, tapi tetap saja tidak diambil. Karena itu menumpuk," tuturnya.

Sekretaris Disdukcapil Palembang Sinta Zahara mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk membagikan ribuan KTP-el. "Setiap hari itu biasanya kami menghubungi 300 orang untuk mengambil KTP-el. Tapi, yang mengambil dan datang paling banyak 100 orang. Akibatnya banyak KTP-el yang menumpuk," katanya.

Sejauh ini, ada 8.106 KTP-el yang sudah siap diambil. Sebanyak 5.000 pemilik KTP-el sudah dihubungi dan yang mengambil baru 2.200 orang.

"Saat ini sudah ada enam kecamatan yang mengambil KTP-el untuk dibagikan ke pemiliknya," terangnya.


(NIN)