Presiden Ucapkan Selamat pada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh

Nurul Fajri    •    Rabu, 05 Jul 2017 12:41 WIB
presiden jokowi
Presiden Ucapkan Selamat pada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh
Presiden joko Widodo keluar gedung DPRA didampingi Irwandi dan Nova untuk bertolak kembali ke Bandara Sultan Iskandar Muda -- MTVN/Nurul Fajri

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Jokowi menghadiri rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah di gedung utama DPRA, Banda Aceh. Jokowi tiba di Gedung DPRA sekira pukul 10.33 WIB.

"Hidup Jokowi," teriak hadirin dan tamu undangan sembari mengabadikan momen kedatangan Jokowi, Rabu 5 Juli 2017.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini disambut Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo dan Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda. Setelah memasuki aula utama gedung DPRA, Jokowi dan Iriana memberikan ucapan selamat pada Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Usai memberi selamat, Jokowi langsung keluar gedung didampingi Irwandi dan Nova untuk bertolak kembali ke Bandara Sultan Iskandar Muda. Kesempatan itu dimanfaatkan masyarakat yang berada di luar gedung untuk berfoto dan menyalami Presiden.

(Baca: Jokowi Bakal Hadiri Pelantikan Gubernur Aceh)

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih ini tidak dilakukan di Istana Negara Jakarta sebagaimana gubernur dan wakil gubernur terpilih provinsi lain. Laman resmi Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, gubernur dan wakil gubernur Aceh tidak dilantik langsung oleh Presiden.

Payung hukum yang digunakan bukan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, elainkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Pada Pasal 69 huruf c UU Nomor 11 Tahun 2006, disebutkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur/wakil gubernur dilakukan oleh mendagri atas nama Presiden RI di hadapan Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh dalam Rapat Paripurna DPRA.

Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 setelah meraih suara terbanyak pada pilkada 15 Februari 2017. pada Pilkada 2017 itu, pasangan tersebut diusung Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh, Partai Damai Aceh, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Irwandi Yusuf sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2007-2012. Sedangkan, Nova Iriansyah sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 daerah pemilihan Aceh.


(NIN)