42 Ribu Warga Jambi Belum Punya KTP-el

Antara    •    Jumat, 04 Aug 2017 20:19 WIB
e-ktp
42 Ribu Warga Jambi Belum Punya KTP-el
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jambi: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi mencatat sebanyak 42.000 warga di kota ini belum kartu tanda penduduk elekreonik (KTP-el). Penyebabnya karena keterbatasan blangko.

"Kondisi tersebut karena memang yang telah melakukan perekaman data belum bisa dilakukan pencetakan karena blangko dari pusat terbatas," kata Kepala Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi Yatub, seperti dikutip Antara, Jumat, 4 Agustus 2017.

Warga yang belum memiliki KTP-el tersebut, kata dia, saat ini sebagian besar warga itu masih menggunakan KTP manual dan juga menggunakan surat keterangan pengganti KTP-el untuk berbagai keperluan administrasi.

"Untuk KTP manual tidak bisa digunakan sebagai identitas diri dalam pengurusan berbagai administrasi, tapi harus melakukan perekaman data dan menggunakan surat keterangan pengganti KTP-el," katanya menjelaskan.

Sebab itu Dukcapil memfasilitasi dengan surat keterangan resmi pengganti KTP-el yang sifatnya sementara karena dokumen kependudukan merupakan penting bagi warga untuk berbagai pengurusan administrasi.

Pihaknya dalam kurun waktu Januari-Juni 2017 telah menerbitkan 27.2178 lembar surat keterangan pengganti KTP-el untuk digunakan berbagai keperluan administrasi kependudukan.

Penerbitan surat keterangan tersebut kata dia, setiap bulannya mengalami peningkatan karena banyak warga yang mengurus yang digunakan untuk berbagai keperluan keperluan administrasi.

Selain itu, pihak Dukcapil telah menyelesaikan pencetakan 20.000 KTP-el yang sebelumnya telah melakukan perekaman data kependudukan pada tahun lalu.

"Karena keterbatasan blangko itu yang merekam data tahun lalu bisa dicetaknya baru tahun ini," kata dia menambahkan.


(ALB)