Aminullah-Zainal Resmi Jabat Wali Kota Banda Aceh

   •    Jumat, 07 Jul 2017 17:09 WIB
pilkada
Aminullah-Zainal Resmi Jabat Wali Kota Banda Aceh
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf (kiri) menyematkan tanda pangkat dan jabatan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 Aminullah Usman (dua kanan) dan Zainal Arifin (kanan) pada rapat paripurna istimewa DPRK di Banda Aceh, Aceh, Jumat

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Aminullah Usman-Zainal Arifin resmi mejabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 setelah dilantik Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Jumat 7 Juli 2017. Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPRK Banda Aceh.

Aminullah Usman dilantik sebagai Wali Kota Banda Aceh menggantikan Illiza Saaduddin Djamal. Sedangkan Zainal Arifin, melanjutkan jabatan karena yang bersangkutan sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Banda Aceh sisa masa jabatan 2012-2017.

Irwandi berharap pasangan Aminullah dan Zainal mampu menjalankan amanah dalam membangun pemerintahan di ibu kota Provinsi Aceh. "Kami berharap Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh yang baru dilantik mampu membangun komunikasi dengan legislatif dalam menjalankan pemerintahan," pinta Irwandi.

Irwandi mengatakan, legislatif merupakan mitra eksekutif dalam pemerintahan. Jadi, kedua pihak jangan sampai berbeda pandangan, yang hanya akan merugikan masyarakat. "Misalnya masalah anggaran, jika tidak ada persepsi yang sama antara eksekutif dan legislatif, maka pengesahan anggaran akan menjadi tolak tarik. Jika ini terjadi, maka yang rugi adalah masyarakat. Karena itu, bangun komunikasi yang baik," kata Irwandi.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah mengharapkan H Aminullah Usman dan H Zainal Arifin menjalankan amanah yang diberikan masyarakat untuk lima tahun ke depan.

"Kepada Illiza Saaduddin Djamal, kami menyampaikan penghargaan yang telah memimpin dan membangun Kota Banda Aceh selama ini," kata Arif.

Aminullah Usman merupakan mantan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh. Sedangkan H Zainal Arifin merupakan Wakil Wali Kota Banda Aceh sisa masa jabatan 2012-2017.

Pada pilkada 15 Februari 2017, pasangan Aminullah Usman dan H Zainal Arifin diusung Partai NasDem, Partai Golkar, PAN, dan sejumlah partai lainnya dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak mengalahkan pasangan Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar. (Antara)



(ALB)