Gempa 4,1 SR Menggunacang Aekgodang Sumut

Farida Noris    •    Sabtu, 23 Sep 2017 10:47 WIB
gempa bumi
Gempa 4,1 SR Menggunacang Aekgodang Sumut
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Gempa tektonik berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang Aekgodang, Sumatera Utara pukul 08.41 WIB pada Sabtu 23 September 2017. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan, pusat gempa berada di 1,53 Lintang Utara dan 99,54 Bujur Timur. Tepatnya 11 kilometer barat daya Padanglawas Utara dengan kedalaman 20 kilometer.

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa ini dirasakan di Aekgodang dan sekitarnya dengan intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI)," kata Edison.

Menurut Edison, gempa berada pada zona sesar lokal di sekitar segmen angkola. Dari kedalaman hiposenternya, termasuk jenis gempa tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

"Masyarakat di sekitar wilayah Aekgodang diimbau mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi susulan dari BMKG," tutupnya.


(NIN)