Abu Kerinci Mulai Ganggu Aktivitas Warga

Solmi    •    Selasa, 22 Nov 2016 21:31 WIB
gunung berapi
Abu Kerinci Mulai Ganggu Aktivitas Warga
Gunung Kerinci mengeluarkan abu vulkanik. Foto: MI/Solmi

Metrotvnews.com, Jambi: Abu vulkanik yang sejak empat hari terakhir disemburkan Gunung Kerinci mulai mengganggu aktivitas warga. Hingga kini, abu sudah mencapai 1.000 meter. Mengancam aktivitas dan kesehatan warga di tiga kecamatan yang berada di kaki gunung.

Warga yang berdomisili di sekitar kaki gunung di Kabupaten Kerinci, Jambi, dengan ketinggian 3.805 meter di bawah permukaan laut, Selasa 22 November 2016, mulai mengalami gangguan pernafasan. 

Selain itu, jatuhan abu vulkanik juga merusak daun tanaman sayuran, seperti daun kentang, atau kol, yang dibudidayakan warga setempat.

“Benar, mulai ada dampaknya. Bau belerangnya begitu terasa. Untuk ke ladang warga terpaksa menutup mulut dan hidung dengan kain, atau masker,” kata Gusparman, warga Desa Kersiktuo, Kecamatan Kayuaro, Kabupaten Kerinci.

Karena arah angin berubah-ubah, keluhan serupa akibat dampak abu gunung juga dirasakan warga Kecamatan Gunungtujuh, Kabupaten Kerinci.

Kepala Desa Jernihjaya, Zalpinur, mengatakan muntahan abu Gunung Kerinci cukup menyesakkan pernafasan. Namun, karena sudah terbiasa, warga masih abai dan tetap beraktivitas ke ladang.

Petugas Pos Pemantau Gunung Kerinci, R. Wibowo, mengatakan gunung tertinggi di Sumatera yang terletak di perbatasan Kerinci-Sumbar itu, meskipun kerap batuk dan menyemburkan asap tebal ke udara, masih dalam status waspada level II.

Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui petugas Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten mengimbau kepala desa dan perangkat daerah kecamatan terdampak, agar mengenakan masker saat beraktivitas ke luar rumah.

 


(UWA)