Banjir Kembali Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat

Ferdian Ananda    •    Rabu, 16 Nov 2016 17:19 WIB
banjir
Banjir Kembali Rendam Ribuan Rumah di Aceh Barat
Banjir di Aceh. Foto: MI/Amiruddin Rubee

Metrotvnews.com, Aceh Barat: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat sejak Selasa 15 November mengakibatkan ribuan rumah di Kecamatan Woyla Barat dan Kecamatan Woyla, kembali tergenang banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Iraidi Yus, mengatakan banjir yang merendam pemukiman warga tersebut mencapai ketinggian sekitar 50 sentimeter hingga 1 meter.

“Hujan terus-menerus di kabupaten Aceh Barat, kembali mengakibatkan banjir di permukiman warga. Bahkan, ketinggian air mencapai 1 meter pada 17 desa di 2 kecamatan tersebut," kata dia, Rabu (16/11/2016).

Di Kecamatan Woyla Barat banjir merendam rumah di 15 desa dan berdampak pada 1.002 KK atau 3.378 jiwa. Di Kecamatan Woyla sebanyak 79 KK atau 283 jiwa terdampak, yakni dari Desa Cot Kumude dan Desa Pasie Ara. Banjir membuat aktivitas masyarakat di kawasan itu ikut terganggu.

Selain banjir, longsor juga terjadi di Aceh Barat tepatnya di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen. Longsor membuat saluran irisgasi tertimbun longsor sedalam 20 meter.

"Saat ini kami belum mendapat informasi resmi penyebab banjir di dua kecamatan itu," kata dia.

Baca: Banjir, 6.000 Warga Mengungsi

Sementara itu, Desa Rantoe Panyang Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, terisolasi akibat ketinggian air mencapai dua meter. Sedangkan ratusan kepala keluarga di Desa Pulau Tinggi Kecamatan Pasie Raya telah mengungsi.

"Warga Rantoe Panyang belum mengungsi tapi akses untuk keluar masuk warga terganggu, makanya dibutuhkan perahu agar dapat digunakan untuk kepentingan warga. Sedangkan ratusan kepala keluarga di Kecamatan Pasie Raya telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata Rusman, Kepala BPBD Aceh Jaya, kepada Media Indonesia.

Ia menjelaskan, kawasan itu tergenang akibat banjir kiriman dari luapan sungai di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Bahkan, hujan yang masih menguyur kawasan itu, dipastikan akan berimbas pada banjir luapan di Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

 


(UWA)