Belasan Preman Ajukan Proposal THR ke Pengusaha Medan

Farida Noris    •    Rabu, 21 Jun 2017 18:22 WIB
premanisme
Belasan Preman Ajukan Proposal THR ke Pengusaha Medan
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Medan: Polda Sumatera Utara membentuk dua tim dengan 99 personel untuk menekan angka premanisme dan kriminalitas jalanan. Termasuk, menangkap pelaku pemerasan pengusaha berkedok permintaan anggaran buka puasa bersama.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan tim ini untuk mencegah aksi kriminalitas seperti copet, jambret, penodongan, hipnotis, serta bius. Tim menyasar pusat perbelanjaan, terminal, stasiun penyeberangan, dan tempat rekreasi.

"Tim yang sudah dibentuk ini menangkap 14 orang preman yang meresahkan masyarakat. Mereka ditangkap karena mengajukan proposal ke perusahaan untuk meminta uang THR (tunjangan hari raya) Idulfitri," kata Rina, di Medan, Rabu, 21 Juni 2017.

Modusnya, kata Rina, mereka mengajukan proposal ke perusahaan untuk meminta uang berbuka puasa bersama.

Tak hanya itu, para pelaku juga meminta uang dengan modus untuk santunan fakir miskin, untuk bingkisan. Tim juga menangkap preman yang kerap melakukan pengutipan parkir liar dengan barang bukti uang Rp1.015.000. 

Tim juga menangkap 34 orang yang berperan sebagai calo penumpang taksi gelap dengan meminta uang tips kepada sopir. "Para pelaku dilakukan pembinaan supaya tidak mengulangi perbuatannya," katanya.


(SAN)