Presiden Tinjau Masjid Raya Sumbar

Antara    •    Jumat, 09 Feb 2018 15:44 WIB
infrastruktur
Presiden Tinjau Masjid Raya Sumbar
Masjid Raya Sumatera Barat. Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra

Padang: Presiden Joko Widodo menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat di Padang. Jokowi  berniat meninjau masjid dan menyoroti tanah wakaf yang kerap bermasalah di Indonesia.

Presiden membagikan sertifikat tanah wakaf kepada 16 warga Sumatera Barat. Dia mengakui tanah wakaf sering menjadi sengketa antara lembaga dan individu pemberi wakaf.

"Banyak sengketa antara yayasan dengan individu, antara keluarga dengan masjid, dengan musala. Itu banyak sekali hal-hal seperti itu," kata Presiden Jokowi.

Orang nomor satu Indonesia ini menjelaskan, sertifikat kepemilikan tanah wakaf maka menjadi dasar hukum atas tanah yang sah. Pemerintah menargetkan seluruh pemberian sertifikat hak atas tanah wakaf selesai dalam dua tahun.

"Kendala di lapangan, di pengukuran kemudian kalau masih ada komplain-komplain (keluhan) dari pihak lain itu yang menyebabkan mundur-mundur. Biasanya di situ saja," jelas Jokowi.

Permintaan pemerintah dua tahun lalu untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Raya Sumbar hampir rampung. Dana yang keluar untuk membangun masjid megah tersebut mencapai Rp45 miliar.

Pemerintah juga akan menggelontorkan dana tambahan untuk pembangunan pagar yang belum selesai. Penataan taman dan parkir sudah selesai dibenahi dan ditanami tumbuhan.

Pada 2016, Presiden Jokowi salat Idulfitri di masjid itu dan menyatakan akan membantu pembangunan lahan parkir dan landscape.


(SUR)