Gunung Sinabung Dua Kali Erupsi Hari Ini

Budi Warsito    •    Rabu, 04 Oct 2017 19:32 WIB
erupsi gunung sinabung
Gunung Sinabung Dua Kali Erupsi Hari Ini
Warga beraktivitas dengan latar belakang Gunung Sinabung, di Karo, Sumatera Utara. Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Karo:  Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menunjukkan aktivitas pada Rabu 4 Oktober 2017. Terjadi dua kali erupsi pada pukul 11.50 WIB dan pukul 11.50 WIB hari ini.

Namun, erupsi yang terjadi dua kali itu tidak disertai guguran lava dan awan panas. "Ada erupsi tadi dua kali dengan tinggi kolom yang teramati 1.000 hingga 1.200 meter," ucap Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Rabu sore, 4 Oktober 2017.

Selain mengeluarkan abu vulkanik, lanjut Armen, gempa dengan kekuatan rendah juga terjadi. Gempa tersebut berlangsung sekitar 130 detik. Angin lemah saat terjadi erupsi sehingga abu vulkanik yang dikeluarkan mengarah ke timur dan timur laut.

"Kondisi Sinabung untuk saat ini agak tertutup kabut disini juga," ungkap Armen.

Lebih lanjut, dia mengatakan, erupsi susulan masih bisa terjadi karena status Gunung Sinabung masih berada di level IV atau awas. Masyarakat diminta untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait.

"Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi," jelas Armen.

Tak hanya itu, penduduk yang bermukim di hilir sekitar daerah aliran sungai Laborus diharapkan tetap menjaga kewaspadaan. Pasalnya, bendungan ini sewaktu waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan banjir lahar dingin.

a


(SUR)