Kuota Penerima Bantuan BPJS Kesehatan di Sumut masih Tersisa 40 Ribu Jiwa

Farida Noris    •    Jumat, 11 Aug 2017 16:17 WIB
bpjs kesehatan
Kuota Penerima Bantuan BPJS Kesehatan di Sumut masih Tersisa 40 Ribu Jiwa
Logo BPJS Kesehatan, Ant

Metrotvnews.com, Medan: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memiliki kuota 282.607 jiwa yang ditanggung sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hingga Juli 2017, Pemprov masih memiliki sisa kuota 40.738 jiwa peserta penerima bantuan iuran (PBI).

Deputi Direksi Wilayah Sumut-Aceh BPJS Kesehatan dr Budi Mohammad Arif menyarankan Pemprov memanfaatkan dana untuk sisa kuota itu. Yaitu menanggung tunggakan iuran peserta mandiri kelas 3.

"Untuk mereka yang baru mau mendaftar sebagai peserta mandiri dengan membayar iuran pakai uang sendiri, juga kita sarankan dialihkan saja ke PBI, jadi iuran mereka dibiayai oleh Pemprov Sumut," kata Budi di Medan, Jumat 11 Agustus 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Agustama mengaku sudah memberikan tambahan data warga tidak mampu berjumlah 25 ribu orang. Mereka berasal dari panti asuhan, guru sekolah minggu, dan temuan anggota DPRD Sumut selama masa reses.

"Kita juga akan mengalihkan iuran peserta kelas 3 yang menunggak, sesuai kemampuan keuangan kita. Begitupun jika ada penambahan melebihi kuota, kita akan ajukan di P-APBD, saya yakin DPRD juga menyetujuinya," jelasnya.


(RRN)