Solok Selatan Diterjang Banjir Bandang

Surya Perkasa    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:27 WIB
banjir bandang
Solok Selatan Diterjang Banjir Bandang
Sisa banjir bandang yang menerjang lahan pertanian di empat jorong Kabupaten Solok Selatan. Foto: Istimewa/BNPB

Metrotvnews.com, Padang Aro: Banjir bandang menerjang kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Hujan deras yang turun menyebabkan banjir bandang di empat jorong, di Solok Selatan pada Kamis malam, 14 September 2017.

"Banjir Bandang terjadi sekira pukul 20.30 WIB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan yang diterima Metrotvnews.com, Jumat 15 September 2017.

Banjir bandang disertai lumpur, kayu dan batu menerjang permukiman dan lahan pertanian. Sebanyak 138 unit rumah rusak dan 160 KK (571 jiwa) terdampak.

Banjir bandang menerjang Jorong Bancah Anak Lolo, Batang Lolo Atas, Batu Kulambai dan Batang Lolo. Beberapa rumah masyarakat dipenuhi dengan air dan lumpur hingga mencapai ketinggian 75 centimeter.

"Tidak ada korban jiwa dari banjir bandang ini," imbuhnya.


Sisa banjir bandang yang menerjang pemukiman warga di empat jorong Kabupaten Solok Selatan. Foto: Istimewa/BNPB

Sebanyak 42 rumah rusak berat, enam rusak sedang dan 90 rusak ringan.

BPBD Kabupaten Solok Selatan bersama BPBD Provinsi Sumatera Barat, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, SKPD dan relawan melakukan penanganan darurat. Evakuasi warga dilakukan saat banjir bandang. Bupati Solok Selatan telah menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari dari 15-22 September 2017.

"Bantuan makanan siap saji telah disalurkan kepada warga. BPBD juga telah menyalurkan selimut kepada korban," pungkasnya.


(SUR)