Pembangunan LRT Palembang Masuk Tahap Akhir

ant    •    Rabu, 26 Sep 2018 17:13 WIB
infrastruktur
Pembangunan LRT Palembang Masuk Tahap Akhir
Kereta Light Rail Transit (LRT). Foto: Dok/Media Indonesia

Palembang: Progres pembangunan Light Rail Trainsit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan memasuki tahap penyelesaian akhir. Sebanyak empat stasiun lagi siap dioperasikan.

Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari mengatakan, empat stasiun yang telah siap dioperasikan itu, Stasiun Asrama Haji, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dishub dan Punti Kayu.

"Keempat stasiun itu sudah siap dioperasikan tergantung pihak operator saja," kata Masudi.

Dengan selesainya keempat stasiun itu, kata Masudi, artinya sudah ada total 10 stasiun yang siap dioperasikan. Bahkan enam stasiun sudah dioperasikan lebih awal saat perhelatan Asian Games.

Dari total keseluruhan 13 stasiun, hanya Stasiun Garuda Dempo, Polrestabes, dan Demang Lebar Daun yang masih belum selesai. Ketiga stasiun ini terlambat karena terkendala pembebasan lahan saat akan dibangun tangga sebagai akses menuju stasiun.

"Tiga stasiun lagi paling lambat Oktober ini selesainya. Pembangunan ini memang tersendat karena lahan, tapi setidaknya kami bangun dulu di sebelahnya supaya bisa digunakan dan tidak semua stasiun memiliki akses
tangga di kanan dan kiri, ada juga yang hanya satu," kata dia.

Humas KAI Divre III Kota Palembang Aida mengatakan jika semua stasiun yang selesai langsung digunakan pada bulan ini. Selaku operator, KAI kini tengah menunggu tiga stasiun lagi selesai. 

"Sudah dioperasikan semua stasiun yang selesai. Kami hanya menunggu tiga stasiun lagi  yang  belum, untuk Stasiun Polresta mudah-mudahan selesai akhir bulan ini," kata Aida.

LRT Palembang sudah beroperasi saat perhelatan Asian Games lalu dari  pukul 06.00-18.00 WIB. Sementara ini terdapat lima trainsit LRT yang beroperasi dari total tujuh trainsit di Depo Jakabaring.


(ALB)