Dua Desa di Kecamatan Naman Teran Tertutup Debu Vulkanik Sinabung

Farida Noris    •    Kamis, 28 Dec 2017 11:02 WIB
sinabung meletus
Dua Desa di Kecamatan Naman Teran Tertutup Debu Vulkanik Sinabung
Relawan membagikan masker kepada warga di Kecamatan Naman Teran (ist)

Karo: Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus mengeluarkan erupsi. Debu vulkanik yang akhir-akhir ini beterbangan semakin tebal, menyebabkan Desa Suka Ndebi dan Desa Naman di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo tertutup debu.

"Abu halus sedang berlangsung di seputaran Naman Teran. Jika cuaca cerah, dikhawatirkan abu yang di jalan akan kembali berterbangan dibawa angin," kata Iwan salah seorang warga, Kamis 28 Desember 2017.

Sementara itu, Jerry dari PMI Kabupaten Karo menyebutkan pihaknya akan membagi-bagikan masker ke warga sekitar yang terdampak abu vulkanik khususnya di Kecamatan Naman Teran.

"Rencananya mau ke lapangan bagi masker. Kemungkinan tangki PMI jugak akan diturunkan untuk membersihkan abu di wilayah Naman Teran. Karena Naman paling tebal debu," pungkasnya.

Tak hanya itu, untuk pembersihan abu vulkanik ini, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Karo lantas diturunkan ke Kecamatan Naman Teran, untuk membersihkan abu vulkanik dengan menyemprotkan air dari mobil.

"Sejumlah relawan, anggota PMI dan anggota Koramil sudah di lokasi untuk membantu membersihka abu vulkanik yang begitu tebal," kata Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung Letkol Inf Agustatius Sitepu.

Arif Cahyo Purnomo dari Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung menyebutkan tadi pagi Gunung Sinabung kembali erupsi. Teramati guguran dengan jarak luncur 1.200-1.500 meter mengarah ke timur, tenggara, dan selatan. Status Gunung Sinabung masih berada di Level IV (Awas).


(ALB)