Kahiyang Manortor Bersama Boru Siregar Sebelum Dilepas ke Rumah Mertua

Farida Noris    •    Selasa, 21 Nov 2017 18:12 WIB
jokowi mantu
Kahiyang Manortor Bersama Boru Siregar Sebelum Dilepas ke Rumah Mertua
Kahiyang Ayu Siregar menjalani margalanggang (manortor) atau menari pertamanya sebelum dilepas ke rumah mertua -- istimewa

Medan: Kahiyang Ayu Siregar menjalani margalanggang (manortor) atau menari pertamanya sebelum dilepas ke rumah mertua. Putri Presiden Joko Widodo itu manortor bersama para boru Siregar tanpa didampingi suaminya, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Kahiyang yang mengenakan kebaya warna merah jambu dan kain songket, tampak semringah manortor bersama boru Siregar. Manortor ini dilakukan setelah istri Bobby ini sah menyandang boru Siregar.

Chairuman Harahap, seorang perwakilan raja adat, menjelaskan bahwa Kahiyang dan Bobby belum melaksanakan acara ada sebagai suami istri. Sehingga, keduanya belum boleh manortor bersama.

"Pesta adat bagi Kahiyang-Bobby baru akan dilangsungkan pada 24-25 November," kata Chairuman di lokasi, Jalan Suka Tangkas, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 21 November 2017.

Makna dari manortor yang dilakukan Kahiyang, kata Chairuman, sebagai ungkapan rasa syukur karena telah menjadi keluarga besar Siregar. Manortor ini juga dilakukan untuk melepas Kahiyang sebagai anak perempuan Siregar ke rumah mertuanya.

"Jadi, dia menari dengan teman-teman masa kecilnya sebelum dilepas ke rumah mertua," kata tokoh masyarakat Sumut ini.

Usai manortor, Kahiyang dan Bobby dilepas keluarga Doli Siregar yang sekarang telah menjadi orang tua Kahiyang Ayu Siregar. Ia pun mengenakan bulang perempuan atau topi adat Mandailing untuk pengantin wanita serta membawa paropa atau bekal untuk dibawa ke rumah mertua di Komplek BHR, Setia Budi, Medan.


(NIN)