18 Kg Sabu Asal Malaysia Masuk Medan Melalui Aceh

Budi Warsito    •    Kamis, 15 Sep 2016 20:52 WIB
sabu
18 Kg Sabu Asal Malaysia Masuk Medan Melalui Aceh
Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menunjukkan sabu hasil pengungkapan di Medan, Sumatera Utara, Kamis (15/9/2016). (Metrotvnews.com/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Medan: Sabu seberat 18 kilogram yang disita Badan Narkotika Nasional (BNN) dari tangan BH dan RZ alias Keling diketahui masuk dari Malaysia melalui jalur perairan Aceh. Sabu rencananya diedarkan ke Jabodetabek, Surabaya, dan Bali. ‎

"B‎arang kami tengarai dari Malaysia, m‎asuk melalui perairan Aceh kemudian dibawa ke Medan," ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di Medan, Sumatera Utara, Kamis (15/9/2016).

Dia menyebut, pengungkapan ini merupakan hasil pengembangan kasus tangkapan sebelumnya di Jakarta dan Medan.

Baca: Kurir Sabu 18 Kg Mengaku Prajurit TNI

"Sindikatnya sudah cukup lama, karena sebelumnya dilakukan penangkapan di Jakarta pada pertengahan Maret 2016. Kedua di Medan  dan ini yang ketiga," kata Arman.



Arman menjelaskan, penangkapan di Medan dilakukan pada akhir Maret 2016. Saat itu, BNN meringkus lima tersangka dan 11 kg sabu. Dari situ, kasus dikembangkan dengan menangkap tersangka DIN dengan barang sitaa 35 kg sabu. 

Dalam pengungkapan kali ini, pihak BNN turut bekerja sama dengan BNNP Sumut dan Satuan Narkoba Polresta Medan. Para tersangka yang diringkus dijerat Pasal 112, 114, dan 124 UU 35/2009 tentang Narkotika. Ancamannya, empat tahun penjara, maksimal hukuman mati.


(SAN)