Hari Ini, 15.000 Pemudik Pulang Pergi Lewat Bandara Palembang

Alwi Alim    •    Rabu, 21 Jun 2017 17:31 WIB
mudik lebaran 2017
Hari Ini, 15.000 Pemudik Pulang Pergi Lewat Bandara Palembang
Sejumlah calon penumpang melintasi Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel -- ANT/Feny Selly

Metrotvnews.com, Palembang: Peningkatan jumlah penumpang mulai nampak di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Sumatera Selatan. Dalam satu hari, tercatat ada 120 penerbangan, baik yang datang (landing) maupun berangkat (take off).

"Kalau hari biasa tidak sampai segitu, paling hanya 104 hingga 106 penerbangan. Penambahan penerbangan ini dimanfaatkan oleh para pemudik," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang Iskandar Hamid, Rabu 21 Juni 2017.

Jumlah penumpang di Bandara SMB II pada H-5 Lebaran meningkat dibandingkan tahun kemarin pada masa yang sama. Pada H-5 Lebaran 2016, tercatat ada 14.781 penumpang. Sedangkan tahun ini, meningkat menjadi 15.000 penumpang.

Menurut Iskandar, puncak arus mudik di Bandara SMB II diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. Saat itu, cuti bersama dimulai dan anak-anak sekolah juga sudah mulai libur.

Guna mengantisipasi puncak arus mudik, Bandara SMB II menyediakan penerbangan tambahan. Di antaranya Nam Air untuk rute Palembang-Pangkal Pinang, City Link rute Batam-Palembang, dan Lion Air tujuan Jakarta.

"Kami juga membuka posko terpadu pada 15 Juni 2017 hingga 11 Juli 2017. Sehingga, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi terkait jadwal penerbangan seluruh maskapai," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Arus Jalan (LLAJ) Dishub Sumsel Sudirman mengakui, jumlah pemudik yang mennggunakan angkutan udara, darat, dan laut masih terhitung normal. "Sejauh ini masih normal, belum ada peningkatan yang signifikan," katanya.

Sudirman menuturkan, pihaknya menerjunkan 120 personel untuk memantau arus mudik di Sumsel.

 


(NIN)