Calhaj Kloter 1 Jalani Pemeriksaan Jelang Keberangkatan

Farida Noris    •    Kamis, 27 Jul 2017 14:24 WIB
haji 2017
Calhaj Kloter 1 Jalani Pemeriksaan Jelang Keberangkatan
Calon haji kloter 1 asal Medan saat menjalani pemeriksaan kesehatan -- MTVN/Farida Noris

Metrotvnews.com, Medan: Sebanyak 393 calon haji kloter 1 asal Medan mulai menjalani pemeriksaan kesehatan jelang keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi calon haji layak terbang atau tidak.

"Bagi yang punya masalah, akan dirujuk ke poliklinik. Jika diperlukan, akan dirujuk ke RS Haji Medan," kata Wakil Kabid Kesehatan Haji Ahmed Aulianto di Medan, Sumatera Utara, Kamis 27 Juli 2017.

Aulianto menjelasakan, ada beberapa kondisi yang mempengaruhi kesehatan calon haji. "Terutama faktor usia. Selain itu, calon haji yang memiliki penyakit jantung grade IV dan gangguan pernafasan kemungkinan tidak layak terbang," jelasnya.

Pemeriksaan, lanjut Aulianto, juga untuk memastikan jemaah calon haji tidak ada yang dalam kondisi hamil. Jika ada yang hamil, maka keberangkatannya akan ditunda.

Calon haji juga menjalani pemeriksaan darah. "Pemeriksaan ini untuk memeriksa apakah tekanan darahnya terkendali. Hasilnya, kita konsultasikan dengan tim kesehatan," bebernya.

Calon haji kloter 1 dijadwalkan berangkat dari Bandara Kualanamu pukul 07.45 WIB pada 28 Juli 2017.


(NIN)