Siaga Darurat Asap bakal Diterapkan di Aceh

Nurul Fajri    •    Rabu, 26 Jul 2017 18:53 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Siaga Darurat Asap bakal Diterapkan di Aceh
Kabut asap tampak di wilayah Aceh Barat, Aceh, Selasa (25/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Kebakaran hutan dan lahan gambut yang makin meluas membuat Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan menaikkan status daerah menjadi siaga darurat asap. Hal itu akibat dampak dari bencana tersebut semakin terasa.

"Kita sudah siapkan draftnya dan sudah dikaji oleh bagian hukum pemerintahan Aceh untuk segera ditindaklanjuti," ujar Kepala BPBA, Yusmadi kepada metrotvnews.com, Rabu 27 Juli 2017.

Peningkatan status daerah ini, kata dia harus segera diberlakukan mengingat kebakaran lahan sudah merebak ke tiga kabupaten, yaitu Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya. Bahkan kabut asap yang ditimbulkan sudah mengganggu kesehatan masyarakat. Hingga saat ini, 23 warga Aceh Barat telah dilarikan ke rumah sakit umum daerah Cut Nyak Dhien akibat menderita ispa.

Sementara itu, Status Siaga Darurat Asap untuk kabupaten Aceh Barat sudah diberlakukan. Data BPBD Aceh Barat menyebutkan 69 hektare lahan gambut habis terbakar. Kobaran api semakin meluas dan mencapai pemukiman warga.

"Ada 2 kepala keluarga di Desa Suak Raya terpaksa mengungsi karena rumah mereka berdekatan dengan titik api," sebut Yusmadi. 

Petugas masih terus berupaya melakukan pemadaman di empat kecamatan. Upaya pemadaman hari ini dilakukan dengan bantuan helikopter bom air yang didatangkan dari Dumai, Riau. 



(ALB)