Lebih 300 Kapal Getek Beroperasi di Palembang

Alwi Alim    •    Minggu, 16 Apr 2017 16:44 WIB
transportasi
Lebih 300 Kapal Getek Beroperasi di Palembang
Kapal getek yang beroperasi menyeberangkan penumpang di Sungai Musi, Palembang, MTVN - Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Lebih 300 kapal tradisional beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan. Kapal itu terdiri dari getek atau rakit dan speedboat.

Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Kota Palembang, Syarifuddin, mengatakan kapal-kapal itu menyebar di beberapa pelabuhan. Sebagian besar kapal beroperasi di sekitar Jembatan Ampera Palembang.

Baca: Bupati DDiminta Bikin Aturan Standar Keamanan Perahu Tambang

"Tapi saya tak terlalu ingat rinciannya," kata Syarifuddin di Palembang, Minggu 16 April 2017.

Biasanya, lanjut Syarifuddin, kapal-kapal digunakan saat perayaan hari besar seperti Cap Go Meh. Sesuai tradisi, kapal itu disusun menjadi jembatan.

Sementara kapal tambang digunakan bukan untuk penyeberangan penumpang. Tapi kapal itu mengangkut barang seperti batubara.

Syarifuddin mengaku petugas kerap menemukan pelanggaran dalam pengoperasian kapal penyeberangan. Namun pemerintah terus membina para pengemudi lokal.

"Sama saja seperti di darat, terkadang meski sudah diberikan binaan dan perlengkapan masih saja tetap dilanggar," lanjut Syarifuddin.

Pemkot memberikan perlengkapan pada pengelola kapal tradisional, misalnya pelampung. Pemkot juga menertibkan surat pengemudi melalui unit pelaksana teknis terpadu (UPTD).

"UPTD kami selalu mengawasi setiap pengemudi jika memang ada yang janggal seperti kelebihan beban dan lainnya," terang Syarifuddin.



(RRN)