Banjir Meluas, 4 Kecamatan di Aceh Besar Terendam

Nurul Fajri    •    Selasa, 08 Nov 2016 13:34 WIB
banjir
Banjir Meluas, 4 Kecamatan di Aceh Besar Terendam
Ilustrasi. Foto: MI/Amiruddin Abdullah

Metrotvnews.com, Aceh Besar: Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Aceh mengakibatkan empat kecamatan di Aceh Besar kembali direndam banjir. 

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Jamil, mengatakan kecamatan yang dilanda banjir yaitu Kecamatan Indrapuri, Seulimuem, Leupeung, dan Lhoong. Selain merendam rumah warga, banjir akibat luapan air sungai ini juga menghancurkan bendungan dan jembatan penghubung antardesa.

"Satu jembatan penghubung desa di Indrapuri roboh karena diterjang air. Ada 10 rumah yang dilaporkan terendam banjir," ujar Ridwan kepada Metrotvnews.com, Selasa (8/11/3016).

Hingga saat ini tim TRC BPBD Aceh Besar masih memantau dan dan mengecek di lapangan. Dalam dua hari ke depan pihaknya masih akan mendata dampak dari banjir luapan sungai ini.

Hingga saat ini, warga di lokasi banjir masih bertahan di rumah masing-masing. Namun, melihat anomali cuaca, Ridwan meminta jajarannya terus bersiaga di beberapa titik banjir karena jika hujan turun kembali debit air bisa kembali tinggi secara tiba-tiba. 

Di Kecamatan Lhoong dilaporkan terjadi longsor di kawasan Gunung Paro dan Gunung Kulu. Longsoran tanah dan pohon tumbang terjadi di KM 35, KM 37, dan KM 40. Ridwan mengatakan longsoran menutupi sebagian badan jalan nasional Banda Aceh-Meulaboh.

"Tidak ada kemacetan dan masih bisa dilalui kendaraan," ujarnya.




(UWA)